Mohon tunggu...
Teguh Ari Prianto
Teguh Ari Prianto Mohon Tunggu... Penulis - Tutor

Tutor PKBM Sukamulya. Alumni FISIP HI Universitas Al-Ghifari. Tinggal di Bandung. Menyukai bidang sosial budaya dan literasi masyarakat

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Determinasi Ciri Budaya Indonesia

3 Oktober 2022   11:25 Diperbarui: 3 Oktober 2022   20:12 398 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pakem Visual pada Tari Merak. Photo: toriqa.com

Sesuatu yang selalu menjadi alasan perhatian dunia kepada Indonesia yaitu mengenai keberagaman corak dan ciri kehidupan budaya.

Ciri unggul yang dimiliki, mulai dari keberadaan manusianya yang hidup bersuku-suku serta bangsa yang berbeda-beda.

Berjuta entitas kebudayaan yang khas melekat kepada masing-masing daerah yang ditinggali warganya.

Sebut saja misalnya seperti ia yang tinggal di Pulau Sumatera kental dengan budaya Batak dan Melayunya, begitu pula dengan Pulau Jawa, ada adat Sunda dan adat Jawanya, dan seterusnya.

Ciri entitas budaya Indonesia terpelihara sejak lama dan turun temurun lintas generasi. Kejelasan fakta-fakta bahwa suku bangsa yang berbeda-beda mampu hidup berdampingan mengakar dalam sendi-sendi vital kehidupan rakyat.

Memahami itu semua, ada suatu istilah yang dinamakan determinasi budaya. Determinasi dalam berbagai uraian pengertian secara sederhana memiliki arti menentukan atau menetapkan suatu batas. Kemudian, pada prosesnya mampu menjadi pijakan sikap untuk membatasi.

Determinasi bisa menjelma bak keyakinan filosofis sehingga semua peristiwa terjadi sebagai akibat dari adanya beberapa keharusan dan karenanya tak terelakkan.

Ketetapan bersifat mutlak menyangkut kepada eksistensi kesempurnaan suatu realitas. Kadang dalam kebudayaan kita kenal sebutan pakem, sebagai suatu hal yang tidak bisa diganggu gugat.

Kemudian berbicara kebudayaan, berdasarkan asal bahasanya, budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) yang diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.

Menurut ahli dalam laman katadata.co.id perihal pengertian budaya, Linton menjelaskan sebagai berikut, bahwa budaya  yaitu keseluruhan sikap dan pola perilaku serta pengetahuan yang merupakan suatu kebiasaan yang diwariskan dan dimiliki oleh suatu anggota masyarakat tertentu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan