Mohon tunggu...
tegarsianipar
tegarsianipar Mohon Tunggu... Freelancer - Pegawai

Sederhanakan segala sesuatu

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop Pilihan

Metode Dasar Kerja Intelijen

16 November 2022   15:00 Diperbarui: 16 November 2022   15:02 294
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Intelijen (Dok.pribadi)

Dalam dunia intelijen setiap agen intelijen adalah orang yang memahami cara dan metode bekerja intelijen, secara singkat saya akan mencoba menjelaskan dan menerangkan sedikit hal yang pernah saya pelajari. 

Dalam pelaksanaan tugas nya mau intelijen dari belahan dunia manapun, mereka akan tetap bersandar pada 2 metode dasar yang pasti akan digunakan. Pertama akan saya sebut LIDPAMGAL dan yang kedua akan saya sebut RENPULLAHJIAN, didalam sekolah intelijen manapun di dunia ini, setiap agen intelijen tentu akan mempelajari dua hal dasar ini dalam metode kerja Intelijen. 

I. LIDPAMGAL (Penyelidikan, Pengamanan, Penggalangan) 

Dalam pelaksanaan tugasnya, seorang agen intelijen pasti akan melakukan ke 3 tahapan kerja ini :

Pertama, Penyelidikan. Setiap agen intelijen dalam pelaksanaan tugas nya, terlebih dahulu harus melakukan penyelidikan terhadap tugas yang diemban, misal, menyelidiki area tugas, kultur wilayah sekitar, objek, peta wilayah, kondisi jalan, akses penting, ciri orang sekitar. berikut adalah contoh hal-hal dasar yang dilakukan oleh agen intelijen dalam pelaksanaan tugasnya. 

Kedua, Pengamanan. Setiap agen intelijen harus memahami bagaimana cara mengamankan situasi apabila terjadi kejadian atau potensi kejadian yang tidak diinginkan dalam pelaksanaan tugasnya, melakukan pengamanan terhadap dirinya sendiri, dan terhadap aset, apabila mereka dalam misi melindungi aset atau orang penting.

Ketiga, Penggalangan. Penggalangan adalah suatu cara yang dilakukan oleh agen intelijen untuk menciptakan keadaan, mempengaruhi orang, agar tercipta keadaan sesuai yang dia inginkan. 

*****

II. RENPULLAHJIAN (Perencanaan, Pengumpulan, Pengolahan, Penyajian)

Dalam pelaksanaan tugasnya, Organisasi intelijen pasti akan melakukan ke 4 tahapan kerja ini :

Yang pertama, melakukan REN (Perencanaan). Dalam menjalankan suatu misi, organisasi intelijen manapun didunia ini tetap akan kembali pada tahapan ini, yang diawali dengan tahap perencanaan, ketika suatu misi diberikan, maka seorang agen intelijen akan melakukan perencanaan, perencanaan dalam hal ini adalah : perencanaan bagaimana tugas akan dilaksanakan dan dikerjakan, siapa akan melakukan apa, pembagian tugas, dan lainya menyesuaikan keadaan misi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun