Mohon tunggu...
tegarsianipar
tegarsianipar Mohon Tunggu... Freelancer - Analis

Mengabadikan pikiran lewat tulisan.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

5 Tips Buat Kamu Anak Kos Agar Bisa Lebih Hemat

8 September 2022   19:41 Diperbarui: 8 September 2022   20:19 151 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tips Hemat Untuk Anak Kos, sumber: HaiOnline

Hi sahabat pembaca, kali ini kita akan membahas satu topik yang menarik buat kamu khususnya anak kos hehe. Menjadi anak kos bukanlah suatu hal yang mudah dan mungkin cukup menantang. Entah itu pelajar, pekerja atau mahasiswa. Maka saat merantau sangatlah diperlukan teknik management yang baik agar lebih hemat. 

Apalagi misalnya kamu adalah seorang pelajar, maka uang kiriman orangtua sangatlah penting untuk dikelola dengan baik. Penasaran apa saja Tips nya? Langsung saja kita simak 5 tips berikut.

1. Masak nasi sendiri

Makan adalah hal yang paling umum yang kita lakukan sehari- hari. Sehingga makan merupakan hal nomor 1 agar bertahan hidup. Coba saja hitung biaya makan kamu dalam jangka waktu sebulan, berapa? Misal kita kasih contoh. Biaya makan 1x di medan adalah Rp. 10.000, nah itu sudah dapat nasi goreng pakai telur.

Bayangkan kalau kamu makan 3 kali sehari maka biaya untuk makan yaitu Rp 30.000. kalau sebulan Rp. 900.000. Belum lagi kalau kamu kepingin pakai kerupuk, bakwan atau perkedel. Apalagi godaan zaman sekarang ini semakin banyak, seperti biaya nongkrong, beli boba dan lainya.  Biayanya bisa lebih besar dari itu bukan?

Nah apabila kamu masak nasi sendiri bisa mengurangi pengeluaran bulanan kamu dan pastinya lebih hemat . Kalau kamu tidak bisa memasak lauk sendiri, nah kamu bisa membeli lauk tapi nasinya ya dimasak sendiri agar biaya makan kamu lebih murah.

 Apabila kamu tidak tahu cara memasak nasi, kamu bisa lihat di You Tube atau Tiktok. Caranya mudah sekali kok. Saat ini banyak sekali media atau platform yang memudahkan kita untuk mengakses suatu informasi. Jadi alasan tidak tahu masak nasi sendiri saya rasa hanya untuk mencari alasan lain dari kata malas.

2. Kurangi membawa uang cash (Cashless)

Mungkin sebagian dari kalian bertanya, ada apa dengan uang cash? Nah saya akan uraikan disini bahwasannya ketika kita membawa uang cash yang banyak kemungkinan kita secara tidak sadar akan semakin boros dalam menggunakan uang tersebut.

Misalnya saat kamu berencana pergi ke mall untuk membeli 1 barang,  akan banyak sekali godaan yang akan kamu temui. Yang tadinya kamu hanya berencana membeli tas, bisa jadi kamu tergoda untuk membeli barang-barang lainnya. Contohnya sepatu, kip rambut yang lucu, baju, boba dan banyak lagi barang-barang yang akan kamu beli karena tergoda dan mengingat kamu membawa uang yang banyak pada saat itu. 

Dengan  membawa uang cash secukupnya, mungkin akan membuat kamu berpikir dua kali dan berubah pikiran saat akan membeli barang- barang tersebut. Nah dengan melakukan hal ini maka kamu akan lebih hemat dalam menggunakan uang kamu.

3. Belanja bulanan

Belanja bulanan juga merupakan salah satu tips yang bisa kamu coba agar menghemat pengeluaran kamu. Banyak orang yang bolak-balik ke minimarket saat membeli sesuatu. Entah itu makanan atau minuman dan yang lainnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan