Mohon tunggu...
Tegar Priambudi
Tegar Priambudi Mohon Tunggu... Pelajar

Mas-mas biasa dengan keterampilan yang medioker.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Covid-19 UNS di Desa Bebengan, Boja, Kendal

21 Januari 2021   03:20 Diperbarui: 21 Januari 2021   03:21 60 1 0 Mohon Tunggu...

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah sebuah kegiatan yang wajib dilakukan oleh tiap mahasiswa yang menjalani program pendidikan Strata-1 (S1). Dikarenakan adanya wabah pandemi Covid-19 maka Universitas Sebelas Maret (UNS) menginstruksikan mahasiswanya untuk melakukan KKN di domisilinya masing-masing dengan tema Relawan UNS Tanggap Wabah Covid-19. Diharapkan dengan begitu mahasiswanya tetap dapat melaksanakan KKN di masa pandemi ini walaupun terkendala keadaan yang mengharuskan kita untuk lebih kreatif dan membuat program kegiatan yang lebih bermanfaat untuk masyarakat, tentunya dengan tetap mematuhi protocol kesehatan yang dikeluarkan oleh masing-masing daerah.

Tegar Priambudi (K3117072) salah satu mahasiswa UNS program studi Bimbingan dan Konseling yang melaksanakan KKN dibawah bimbingan Prof. Dr. rer. Nat. Sajidan, M.Si melaksanakan kegiatan KKN di Dusun Krajan, Desa Bebengan, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal. Kegiatan KKN ini berlangsung selama kurang lebih 45 hari yaitu mulai 15 Mei sampai 30 Juni 2020 dengan melaksanakan berbagai kegiatan baik itu secara daring maupun luring.

Beberapa kegiatan ada yang dilaksanakan secara daring, mulai dari memberikan poster informasi melalui WhattsApp Group (WAG) sampai memberikan video tekait informasi mengenai virus Covid-19 sebagai upaya untuk menanggulangi perluasan wabah pandemi Covid- 19 ini. Sementara kegiatan luring yang dilakukan mulai dari pemasangan poster tentang apa yang harus dilakukan setelah bepergian dari luar rumah yang dipasang di jalan masuk desa, memasang tempat untuk mencuci tangan, kemudian melakukan penyemprotan disinfektan baik di bagian yang sering disentuh orang ataupun penyemprotan kepada kendaraan yang masuk di desa dan lain-lain.

Untuk lebih lengkapnya, berikut program KKN yang dilaksanakan oleh Tegar.

1. Edukasi mengenai pemakaian masker yang dipublikasikan secara daring dan luring.

2. Edukasi mengenai pentingnya mencuci tangan dan cara yang benar untuk mencuci tangan yang dipublikasikan secara daring dan luring.

3. Memberikan edukasi pembuatan handsanitizer secara alami yang dipublikasikan secara daring dan luring.

4. Edukasi dan pendampingan masyarakat yang bekerja sama dengan Karang Taruna dukuh Krajan secara daring (Melalui WAG).

5. Edukasi mengenai pentingnya social distancing dan physical distancing yang dipublikasikan secara online dan offline.

6. Pembuatan kelompok untuk memfasilitasi pembelajaran serta permainan kepada peserta didik SD secara daring melalui media social, serta pemberian ide-ide kreatif dan edukatif guna mengisi waktu luang selama pandemi.

7. Mengadakan kegiatan penyemprotan disinfektan yang dilakukan secara berkala.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x