Mohon tunggu...
tea hariyani
tea hariyani Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Susahnya Ngadepin Kids Jaman Now

23 Oktober 2018   14:42 Diperbarui: 23 Oktober 2018   15:22 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Hallo.....saya adalah peserta DOGMIT Batch 2. Saya guru kimia di SMAN 1 Jombang. Usia saya hampir 40 tahun. Saya mempunyai 2 anak yang termasuk generasi alpha. Begitu lahir mereka sudah akrab dengan gadget tanpa bisa saya bendung.

Siswa SMA yang saya ajar sekarang lahir antara tahun 2000 -2006 . Mereka adalah generasi milenial. Mereka lahir saat TV sudah berwarna, handphone dan internet sudah diperkenalkan di usia sekolah. Generasi millenial sangat menyukai medsos dan game. Empat tahun lagi saya akan mengajar generasi alpha. Ciri khas generasi alpha adalah kedekatan mereka dengan teknologi. Seperti halnya kedua anak saya, begitu lahir mereka sudah mengenal gadget. Generasi Alpha mampu mengoperasikan gadget hanya dengan mengenali tombol-tombolnya. Mereka sangat tergantung pada smartphone dan tidak bisa hidup tanpa smartphone. Uang saku ketinggalan...it's OK bagi mereka, tetapi smartphone ketinggalan...kiamat bagi mereka.

Saya...termasuk generasi X, yang baru mengenal Hp dan internet saat hampir lulus kuliah. Ini merupakan tantangan yang besar bagi saya dalam menghadapi generasi milenial dan alpha. Saya harus bisa menyesuaikan diri dengan siswa-siswa saya agar mereka tertarik dengan materi yang saya berikan. Selain itu saya ingin siswa saya dapat memanfaatkan gadget untuk hal yang lebih bermanfaat. Bukan hanya main game dan sosmed. Apalagi sekarang Ujian Nasional berbasis computer. Bahkan kabar terbaru, ujian masuk perguruan tinggi atau SBMPTN juga berbasis computer. Itulah beberapa motivasi saya mengikuti pelatihan DOGMT

Ini pertama kali saya mempublikasikan tulisan saya...takut salah tulis, sehingga menyinggung pihak lain.yang pasti adalah...mengawali langkah , sangat sulit...tetapi tidak ada hal besar tanpa diawalai langkah kecil. Jadi harus tetap semngat dan jangan takut salah (Self reminder buat saya) Semoga istiqomah...Aamiin. Terimakasi pak Sukani atas kesempatan yang diberikan dan kesabaran menjawab semua pertanyaan saya. Maklum generasi X....

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun