Mohon tunggu...
Tb Adhi
Tb Adhi Mohon Tunggu... Jurnalis - Pencinta Damai

Sich selbst zu lieben ist keine ritelkeit, sondern vernunft

Selanjutnya

Tutup

Politik

Pertemuan Airlangga Hartarto dan Prabowo Subianto dari Berbagai Perspektif

21 September 2022   12:59 Diperbarui: 21 September 2022   13:11 222 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Prabowo Subianto dan Airlangga Hartanto (Foot: Menko Perekonomian)

KETUA Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bertemu kembali dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Menariknya, pertemuan empat mata tersebut terjadi di ruang kerja Airlangga Hartarto di Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian, pada Senin (19/9/2022) sore. Pertemuan tersaji sekitar satu jam, berlangsung hangat dan penuh keakraban.

"Saya menyambut baik kunjungan dari sahabat saya, Bapak Prabowo Subianto, untuk membahas berbagai isu penting dan strategis di tingkat global, yang berdampak pada kehidupan bangsa Indonesia, mulai dari isu ketahanan pangan, krisis energi, ancaman krisis keuangan di berbagai negara lain, serta sejumlah tantangan yang sedang dihadapi masyarakat dunia," demikian disampaikan Airlangga Hartarto dalam keterangan resminya, Selasa (20/9), sebagaimana ramai dikutip media.

Situs resmi Kemenko Perekonomian juga menuangkan bahwa kedua menteri bertukar pikiran mengenai berbagai tantangan saat ini yang berkaitan dengan isu-isu kemandirian ekonomi bangsa, ketahanan nasional, keamanan, dan perkembangan geopolitik dunia.

Juga, ketegangan geopolitik dari imbas perang Rusia dengan Ukraina, yang diikuti pemberlakuan kebijakan proteksionisme di sejumlah negara dan dikhawatirkan menjadi pemicu ketidakpastian pasar keuangan global akibat terganggunya rantai pasokan, hingga berimbas pada tekanan inflasi yang kian mendalam. Kondisi tersebut juga akan membuat melambungnya harga komoditas yang dapat menimbulkan krisis energi dan pangan global, termasuk bagi Indonesia.

Airlangga berhubungan baik dengan Prabowo. Keduanya berteman sejak remaja, karena kedekatan orang tua yang sama-sama pejabat penting di masa Orde Baru. Dan sama-sama juga sebagai kader Partai Golkar. Bisa dibayangkan jika nuansa keakraban yang mewarnai setiap pertemuan mereka.

Airlangga dan Prabowo juga diketahui sama-sama menggemari olahraga, dan memimpin organisasi olahraga. Airlangga memimpin organisasi cabang olahraga wushu (PB WI) sejak tahun 2017, sementara Prabowo mengetuai cabor pencak silat (PB IPSI). 

Bukan sekadar kebetulan jika cabor wushu dan pencak silat sama-sama masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) bersama 10 cabor lainnya, sebagaimana ditetapkan Pemerintah melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021.

Tidak diketahui apakah masalah olahraga juga menjadi bahan pembicaraan keduanya, mengingat wushu dan pencak silat termasuk yang menjadi andalan mengharumkan nama bangsa dalam persaingan kompetitif di berbagai level termasuk kejuaraan dunia. Apalagi mereka juga sama-sama fokus mengurus wushu dan pencak silat.

Buktinya, sehari setelah pertemuannya dengan Prabowo, Airlangga terbang ke Jawa Timur untuk menyaksikan pertandingan Kejurnas Wushu Piala Presiden di Graha Unesa, Surabaya. Dalam kunjungannya ke kejurnas wushu ini Airlangga didampingi salah satu petinggi Gerindra, yakni Dhani Ahmad Prasetyo. Musisi pentolan 'Dewa' yang juga suami dari politisi Gerindra Mulan Jameela ini adalah salah satu wakil sekjen Gerindra.

Kembali pada pertemuan Airlangga dengan Prabowo pada Senin lalu itu, wajar jika persamuhan mereka menumbuhkan berbagai penafsiran. Para pengamat menilai, kedua menteri kepercayaan Presiden Jokowi itu tampaknya tidak hanya membahas isu-isu global, dinamika permasalahan nasional, terutama yang berkaitan dengan isu-isu kemandirian ekonomi, ketahanan nasional dan keamanan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan