Mohon tunggu...
Tazqia Aulia Zalzabillah
Tazqia Aulia Zalzabillah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Ilmu Komunikasi 2019

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

PMM UMM Kelompok 11 Gelombang 08: Ajak Generasi Alfa Berkenalan dengan Beragam Budaya Gresik

13 September 2022   18:30 Diperbarui: 13 September 2022   19:01 323
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
PMM UMM Kelompok 11 Gelombang 08 2022 bersama Pengajar TK Islam Bakti 1 YPBWI Gresik. | Foto: Ian Ardyanto

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) dengan Skema Bhaktimu Negeri telah melaksanakan salah satu program kerja pendidikan yang bekerja sama dengan TK Islam Bakti 1 YPBWI Gresik yang dilaksanakan pada 6, 8 dan 12 September 2022. 

Kelompok PMM dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Delora Jantung Amalia M,Pd. mengadakan kegiatan pengenalan budaya Gresik kepada generasi alfa. Dalam menyukseskan program kerja ini, Kelompok 11 Gelombang 08 mengajak siswa/i kelompok B TK Islam Bakti 1 YPBWI Gresik bermain sambil belajar tentang beragam kebudayaan di Kota Santri Gresik.

Gresik merupakan kota industri karenanya banyak sekali para pengusaha membangun pabrik besar di kota Gresik. Selain itu Gresik juga dikenal sebagai kota santri dan kota yang memiliki beragam kekayaan budayanya. Gresik menyimpan banyak budaya mulai dari budaya religi hingga kuliner. Namun, lambat laun budaya tersebut hampir punah karena adanya faktor globalisasi hingga kurangnya minat generasi muda terhadap budaya leluhurnya.

Peserta PMM Kelompok 11 Gelombang 08 ingin mengenalkan beragam kebudayaan Gresik berbasis belajar sambil bermain bersama generasi alfa TK Islam Bakti 1 YPBWI Gresik. Dikutip Jurnal UNPAD, Istilah ini dikemukakan oleh mark Mccrindle melalui tulisan di majalah Business Insider (Christina Sterbenz, 2015). Generasi alpha (2011 -- 2025) generasi yang paling akrab dengan teknologi digital dan generasi yang diklaim paling cerdas dibandingkan generasi-generasi sebelumnya.

Pengenalan Nasi Krawu Salah Satu Kuliner Kuno Gresik

Dikutip Disparbud Kb. Gresik, Nasi krawu merupakan satu makanan kuno yang sampai hari ini masih bisa ditemui di kota Santri, Gresik, Jawa Timur. Meski berkembang di Gresik, ada pendapat bahwa makanan ini merupakan masakan leluhur dari Madura. 

Salah satunya didasarkan pada banyaknya pedagang nasi krawu yang berasal dari Madura. Kata krawu sendiri sebenarnya berasal dari kata krawukan yang artinya diambil dengan jari tangan (krawuk). Makanan ini disajikan dengan daun pisang dan diambilkan oleh sang pembuat dengan jari-jari tangannya. Untuk menikmatinya, disarankan untuk menggunakan tangan, bukan dengan sendok atau garpu.

Pengenalan nasi krawu kepada siswa/i kelompok B TK Islam Bakti 1 YPBWI Gresik  | Foto: Ian Ardyanto
Pengenalan nasi krawu kepada siswa/i kelompok B TK Islam Bakti 1 YPBWI Gresik  | Foto: Ian Ardyanto

Disini peserta PMM UMM Kelompok 11 Gelombang 08 berbagi pengetahuan kepada siswa/i kelompok B TK Islam Bakti 1 YPBWI Gresik mengenai kuliner legendaris nasi krawu (6/09/22). Dapat dilihat dengan kasat mata, bahwa nasi krawu terdiri dari olahan nasi putih yang pulen, lauk suwiran daging sapi di dampingi serundeng berwarna jingga dan kuning yang disajikan dengan daun pisang.

Pada kegiatan ini dibagi menjadi 3 kelompok agar siswa/i lebih efisien dan leluasa. Nasi krawu yang dibawa untuk pembelajaran adalah Nasi Krawu Mbuk Marjani. Ketika kegiatan berlangsung, banyak antusias siswa/i yang menggelora. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun