Mohon tunggu...
TAZKIR
TAZKIR Mohon Tunggu... Guru - SELALU OPTIMIS

TERUS BERKARYA UNTUK ANAK BANGSA

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Hari Guru "Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar"

24 November 2023   15:36 Diperbarui: 24 November 2023   16:00 524
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hari Guru
Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar 

oleh

Tazkir, SH, S.Pd, M.Pd

Kita baca lirik lagu  ciptaan Sartono "Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru namamu akan selalu hidup dalam sanubariku, semua baktimu akan kuukir didalam hatiku sebagai prasasti terimakasihku tuk pengabdianmu, terpujilah wahai ibu bapak guru namamu akan selalu hidup dalam sanubariku semua baktimu akan kuukir didalam hatiku, sebagai prasasti terimakasihku tuk pengabdianmu engkau bagai pelita dalam kegelapan engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan engkau patriot pahlawan bangsa tanpa tanda jasa".

Hari Guru 25 November 2023 tema "Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar." Tema ini tidak hanya sekadar rangkaian kata indah, tetapi menciptakan peta perjalanan revolusioner menuju dunia pendidikan yang lebih dinamis dan inklusif. memperingati Hari Guru sebagai momen istimewa untuk memberikan apresiasi kepada pahlawan-pahlawan pendidikan yang telah memberikan sumbangan luar biasa bagi perkembangan bangsa. 

Tahun ini, Hari Guru disambut dengan tema yang penuh inspirasi, yaitu "Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar." Program merdeka belajar adalah yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Kabinet Indonesia Maju, Nadiem Makarim meluncurkan Kurikulum Merdeka pada 11 Februari 2022 secara daring.

Merdeka Belajar adalah kuncinya. sebuah konsep yang menjadikan peserta didik sebagai subjek utama, membuka pintu kebebasan untuk mengeksplorasi pengetahuan, mengasah bakat, dan menemukan jati diri. Ini bukan hanya tentang bebas memilih mata pelajaran, melainkan tentang memberdayakan setiap siswa menjadi penguasa atas takdir pendidikannya sendiri, bersama-sama membentuk arah pendidikan di Indonesia.

Bagaimana kita "bergerak bersama" dalam merayakan "merdeka belajar"? Ini melibatkan semua pihak. Guru bukan hanya pemberi ilmu, tetapi pionir yang membimbing, menginspirasi, dan menciptakan ruang bagi siswa untuk menemukan minat dan tujuan hidup mereka. Orang tua bukan hanya penonton, tetapi mitra yang terlibat aktif dalam membentuk karakter anak-anak mereka.

Momentum Hari Guru 2023 seharusnya menjadi evaluasi. Bagaimana implementasi "merdeka belajar" di berbagai sekolah? Apakah terjadi perubahan dalam pendekatan pembelajaran? Bagaimana dampaknya pada semangat belajar siswa? 

Mari kita jadikan tema "Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar" sebagai panggilan untuk aksi nyata. Jangan hanya merayakan di hari ini, tetapi teruslah bergerak bersama menuju perubahan yang nyata dan positif dalam dunia pendidikan Indonesia. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun