Mohon tunggu...
Tazkir
Tazkir Mohon Tunggu... Guru - SELALU OPTIMIS

TERUS BERKARYA DEMI ANAK BANGSSA

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Hardiknas "Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar"

1 Mei 2023   09:43 Diperbarui: 1 Mei 2023   09:46 2013
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

HARDIKNAS

Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar

oleh

Tazkir,S.Pd

 

            Hari Pendidikan Nasional adalah hari bersejarah bagi dunia pedidikan,  diperingati setiap tahun di Indonesia tanggal 2 Mei. Tujuan memperigati Hardikas ini adalah untuk memperingati menggali sejarah pendiri kelahiran Ki Hajar Dewantara, seorang tokoh pendidikan Indonesia yang dianggap sebagai pelopor pendidikan nasional. Ki Hajar Dewantara lahir pada tanggal 2 Mei 1889 dengan nama asli Raden Mas Soewardi Soerjaningrat. Ia merupakan seorang intelektual dan aktivis yang berjuang untuk memajukan pendidikan di Indonesia pada masa kolonial Belanda. Sejak tahun 1960, tanggal 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional untuk menghormati jasa-jasa Ki Hajar Dewantara dan untuk memperkuat semangat nasionalisme dalam bidang pendidikan.

 

Perayaan Hari Pendidikan Nasional biasanya diisi dengan berbagai kegiatan, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan bagi kemajuan bangsa, serta untuk menginspirasi para pendidik dan pelajar dalam mengembangkan potensi diri dan mencapai cita-cita.

 

Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) merupakan peringatan nasional setiap tahun di Indonesia sejak ditetapkan Presiden Sukarno melalui Surat Keputusan Presiden RI No. 305 tahun 1959 pada 28 November 1959 silam. Pemilihan tanggal Hardiknas diambil dari waktu kelahiran Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional pada 2 Mei 1889.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun