Mohon tunggu...
Dziya Ulhaq
Dziya Ulhaq Mohon Tunggu... Do it now!

'm Good luck

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Yuk Bantu Anak Buat Mengeksplorasi Bakat Mereka, Tips Buat Orangtua!

8 Juni 2021   19:43 Diperbarui: 8 Juni 2021   20:33 37 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yuk Bantu Anak Buat Mengeksplorasi Bakat Mereka, Tips Buat Orangtua!
Latihan menggambar sumber gambar dari freepik.com/freepik

Ada Beberapa cara dan tips untuk menciptakan bakat dan minat anak namun sebelum itu kita bahas dulu tantang bakat anak kita, Bila membahas tentang bakat, banyak dari kita menyangka kalau ini adalah keahlian alami yang diperoleh semenjak lahir. Sering tidak kita pikirkan bahwa kenyataan kalau bakat itu harus dicari dan diasah. 

Misalnya, bila ada orang yang sangat pakar dalam hal bermusik, melukis, matematika, ataupun berolahraga, pasti mereka sudah melakukan latihan yang keras dan lama untuk bisa menjadi pakar dalam bidang tersebut.

Begitu pula, bila menyangkut anak-anak, kita lebih sering mencari keahlian alami mereka, serta mendesak mereka buat menggunakan keahlian itu. Sayangnya, ini bisa menjadi bumerang sebab anak bisa jadi juga tidak tahu apa bakat yang mereka miliki.

Oleh karena itu, sebagai ayah dan ibu, tugasmu adalah membantu anak menciptakan serta mengeksplorasi potensi serta bakat mereka. Dibawah ini adalah tips dan cara yang bisa ayah dan ibu lakukan untuk membantu anak menciptakan dan mengembangkan bakat mereka.



1. Ajak anak buat melakukan kegiatan yang berbeda

Sebaiknya, jangan memberi pembatas anak pada apa yang nyaman dan akrab bagimu. Bila kalian berkembang sebagai orang yang gemar berolahraga, wajar saja bila anak setelah itu banyak ikut dalam kegiatan berolahraga, namun itu bisa jadi bukan minat ataupun bakat mereka.

Cobalah kegiatan lain pula. Bergabunglah dengan komunitas bunda lokal buat mencari tahu kegiatan yang bisa jadi ada untuk anak. Buka pikiranmu serta benak anakmu pada banyak kemungkinan. Makin banyak hal yang di ketahui serta coba si anak, maka si anak akan mudah menciptakan dan menemukan bakatnya.


2. Pantau terus dunia anak

Ilustrasi berlatih bermain gitar sumber gambar freepik.com
Ilustrasi berlatih bermain gitar sumber gambar freepik.com

Dengarkan apa saja yang dikatakan anak tentang keinginan mereka. Walaupun itu tidak menarik bagimu, dengarkan saja. Dan dengarkan pula apa yang anak katakan tentang apa yang tidak mereka gemari. Dengan begitu, anak sudah memberi kalian data berharga tentang diri mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN