Mohon tunggu...
TauRa
TauRa Mohon Tunggu... Rabbani Motivator, Penulis Buku Motivasi "The New You" dan Pembicara Publik

Rabbani Motivator, Leadership and Sales Expert and Motivational Public Speaker. Instagram : @taura_man Twitter : Taufik_rachman Youtube : Taura_Official email : taura_man2000@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Ini 2 Kebahagiaan bagi Orang yang Berpuasa

17 April 2021   13:47 Diperbarui: 18 April 2021   16:15 3394 36 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ini 2 Kebahagiaan bagi Orang yang Berpuasa
Nikmatilah kebahagiaan ketika berbuka puasa bersama keluarga (liputan6.com)


Jika Anda ditanya apa yang menjadi kebahagiaan orang yang berpuasa? bisa jadi banyak orang yang masih bingung menjawabnya. Kenapa? Ya, sederhananya banyak orang yang beranggapan kalau puasa mungkin tidak ada bahagianya, yang ada hanyalah kesusahan dan seterusnya.

Tapi tahukah Anda, sebenarnya ada dua kegembiraan bagi orang yang berpuasa sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim yang artinya, "Orang yang berpuasa akan meraih dua kegembiraan, kegembiaran ketika berbuka puasa/berhari raya, dan kegembiraan ketika bertemu Tuhannya," (HR Muslim).
 

Bahagia Ketika Berbuka Puasa

Coba lihat wajah kita setiap akan berbuka puasa. Tatapan di wajah penuh senyuman. Mata mulai jelalatan ke makanan kesukaan. Formasi dan urutan makanan yang akan disantap juga sudah diurutkan dan lain sebagainya.

Ini adalah situasi yang wajar bin pantas alias normal. Orang yang berpuasa, memang akan gembira ketika akan berbuka puasa. Karena dia sudah berhasil menahan hawa nafsunya selama lebih kurang 12 jam dan itu merupakan sebuah prestasi.

Belum lagi jika kebahagiaan itu ditambah dengan berbuka bersama keluarga dan seterusnya. Maka kebahagiaan itu akan bertumbuh dan terus bertambah semakin banyak. Jadi, benarlah sabda Rasul kalau kita akan merasa bahagia ketika berbuka puasa.

Gembira Ketika Bertemu Allah Kelak

Ini adalah kegembiraan yang tidak bisa dilukiskan dengan apapun. Ya, pada tulisan sebelumnya saya sudah menguraikan tentang pahala puasa yang langsung mendapatkan ganjaran pahala dari Allah SWT.

Dengan menjalankan puasa dengan baik dan maksimal sebisa yang kita mampu lakukan, maka Insya Allah puasa kita akan diterima Allah SWT. Dan pada saat Allah memberikan pahalanya langsung kepada kita (bertemu langsung dengan Allah), maka wajar itu adalah sebuah kebahagiaan yang sangat luar biasa yang tidak bisa kita gambarkan saat ini dan seterusnya.

***

Lalu pertanyaan selanjutnya adalah, apa menu buka puasa yang akan membuat Anda bahagia hari ini? Nikmatilah waktu bahagia Anda hari ini hingga akhir Ramadan kelak. Jangan pernah lewatkan waktu bahagia Anda sedetik pun dengan melakukan hal-hal yang tidak membuat Anda bahagia.

Selamat berbahagia dan berpuasa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN