Mohon tunggu...
TauRa
TauRa Mohon Tunggu... Rabbani Motivator, Penulis Buku Motivasi "The New You" dan Pembicara Publik

Rabbani Motivator, Leadership and Sales Expert and Motivational Public Speaker. Instagram : @taura_man Twitter : Taufik_rachman Youtube : Taura_Official email : taura_man2000@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Kenali 3 Kegagalan Nyata dalam Hidup

10 Januari 2021   15:03 Diperbarui: 13 Januari 2021   23:30 1553 54 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kenali 3 Kegagalan Nyata dalam Hidup
Kenali 3 kegagalan nyata dalam hidup ini (michiganumc.org)

Anda pernah gagal? Sebaiknya Anda jangan buru-buru menyimpulkan kalau Anda telah gagal. Bisa jadi apa yang Anda sebut gagal itu bukanlah gagal, meskipun bisa juga itu adalah gagal.

Intinya begini, ada jutaan situasi dalam hidup ini yang terkadang sering memaksa orang untuk menentukan nama situasi itu. Oh, kalau begini, gagal. Kalau begini, berhasil. Kalau begini, sukses. Kalau begini, sulit dan begitu selanjutnya.

Mengapa Anda memberikan "nama-nama" dari semua situasi itu? Menjawab ini mungkin bisa kita bahas pada tulisan yang lain. Tapi benarkah nama-nama yang Anda berikan pada situasi itu sudah tepat? Bisa jadi. Kan Anda yang menjalaninya. Jadi silakan saja tentukan nama situasi itu.

Tapi pertanyaan selanjutnya adalah, apakah situasi itu akan "bernama" sama jika terkena dengan orang lain? Belum tentu.

Contohnya begini, ada seseorang yang melamar pekerjaan. Setelah menyebarkan 100 lamaran, dia belum juga dipanggil interview apalagi mendapatkan pekerjaan. Lalu dia menyebut kalau dia sudah gagal. Ya, ini mungkin baginya.

Tapi ada orang lain, dia juga sudah menyebar 100 lamaran dan juga belum dipanggil kerja, lalu dia memutuskan untuk melanjutkan ke percobaannya yang ke-101, 102 sampai 200, apakah dia gagal? Apakah dia menamakan situasinya gagal?

Sampai di sini semoga Anda sudah mendapatkan sedikit gambaran tentang "penamaan" kegagalan ini. Ternyata, gagal bagi si A, belum tentu sama bagi si B, meskipun situasinya persis sama.

Lalu muncul pertanyaan, apakah ada yang namanya gagal yang sesungguhnya? Nah, kali ini saya akan bongkar apa itu kegagalan yang nyata dalam hidup. Situasi ini adalah situasi yang bisa dikatakan seseorang itu sudah layak menamakan situasinya dengan gagal.

Mari kita lihat lebih dekat apa saja 3 kegagalan nyata dalam hidup.

1. Berhenti Mencoba

Ya, ini adalah kegagalan nyata dalam hidup. Contoh si A di atas semoga sudah jelas untuk Anda. Ketika ada seseorang yang memutuskan berhenti untuk memperjuangkan sesuatu, apakah mimpinya, cita-citanya, kesehatannya dan sebagainya, maka pada saat itu layaklah dia dikatakan gagal dalam hidupnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x