Mohon tunggu...
TauRa
TauRa Mohon Tunggu... Rabbani Motivator, Penulis Buku Motivasi "The New You" dan Pembicara Publik

Rabbani Motivator, Leadership and Sales Expert and Motivational Public Speaker. Instagram : @taura_man Twitter : Taufik_rachman Youtube : Taura_Official email : taura_man2000@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Ini Resep "5 Jangan" untuk Anda yang Sering Khawatir

10 November 2020   08:29 Diperbarui: 10 November 2020   08:45 229 46 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ini Resep "5 Jangan" untuk Anda yang Sering Khawatir
Lakukan resep "5 Jangan" untuk membuat kita keluar dari situasi yang tidak mudah (sumber:antaranews.com)

"Khawatir itu tidak nyata. Dia hanya ada di pikiran Anda." (TauRa)

Setiap orang bisa saja pernah merasakan khawatir dalam hidupnya. Itu wajar bin pantas alias lumrah. Hal itu justru membuktikan kalau kita adalah manusia. Ingin menghadapi ujian, khawatir lulus atau tidak. Ingin melamar kerja, khawatir diterima atau tidak dan lain sebagainya.

Singkatnya, khawatir sering dirasakan oleh manusia. Tetapi perlu diingat, khawatir itu sesungguhnya tidaklah nyata. Dia hanya ada di hati atau pikiran kita. Dan dia akan semakin nyata ketika kita membawanya ke alam nyata melalui tindakan yang secara sadar kita lakukan.

Ada orang karena merasa khawatir maka tidak bisa tidur malam hingga akhirnya sakit dan masuk rumah sakit. Adalagi karena khawatir maka tidak selera makan hingga akhirnya sakit dan begitu selanjutnya. Kalau sudah begini, maka jangan salahkan khawatir lagi. Itu sudah salah Anda yang membawanya ke dunia nyata hingga menyebabkan banyak hal buruk bagi diri Anda sendiri.

Nah, khawatir UMP tidak naik (atau naik) juga adalah bagian dari kekhawatiran itu. Jika khawatir itu mulai muncul, maka tenang, kali ini saya akan membagikan resep "5 Jangan" untuk siapapun yang khawatir tentang gaji, upah dan seterusnya apakah naik atau tidak dikantornya masing-masing.

Mari kita lihat apa resepnya.

1. Jangan Mengurung Diri

Siapapun yang sedang khawatir tentang upah dan sejenisnya, maka resep pertama untuk menangkal kekhawatiran itu adalah dengan jangan mengurung diri Anda.

Kalau Anda sudah mencium aroma kenaikan atau tidak, maka komitmenkan dalam diri untuk jangan pernah lagi mengurung diri Anda di rumah atau dimanapun. Tanamkan dalam diri kalau saya harus membuka diri lebih luas.

Langkah ini bisa semakin memperluas informasi yang Anda butuhkan kalau-kalau ternyata Anda merasa tidak naiknya upah adalah "langkah mundur" sehingga Anda memutuskan untuk maju ke depan.

Dengan membuka diri, maka Anda akan terbuka dengan potensi baru, peluang baru dan pada akhirnya akan memungkinkan Anda mendapatkan kesempatan baru. Jadi, buka diri Anda dan jangan mengurung diri.

2. Jangan Sungkan Menambah Teman

Kalau Anda diajak teman untuk bertemu teman yang lain (baru), maka ramahlah. Mulai pembicaraan. Buka diskusi dan mulailah membangun kedekatan. Jangan terlalu banyak diam (meski diam itu emas) selama yang akan Anda bicarakan adalah hal yang bermanfaat dan untuk membangun relasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN