Mohon tunggu...
TauRa
TauRa Mohon Tunggu... Rabbani Motivator, Penulis Buku Motivasi "The New You" dan Pembicara Publik

Rabbani Motivator, Leadership and Sales Expert and Motivational Public Speaker. Instagram : @taura_man Twitter : Taufik_rachman Youtube : Taura_Official email : taura_man2000@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Dear Orangtua, Jangan Larang Anak Melek Teknologi dengan Gadget!

11 September 2020   22:42 Diperbarui: 11 September 2020   22:32 86 21 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dear Orangtua, Jangan Larang Anak Melek Teknologi dengan Gadget!
Jangan larang anak bermain gedget, tetapi pandu dia (sumber:tempo.co)

Mempelototi gadget dalam waktu lama tentu sangat tidak baik, apalagi jika yang melakukannya anak-anak. Di Inggris, konon infonya anak-anak yang berusia 2 tahun kebawah bahkan dilarang sama sekali untuk memegang gadget, apalagi memainkannya.

Tetapi lagi-lagi "alasan kita", ini kan Indonesia, Bukan Inggris, Ya, Anda benar seratus persen. Ini masih Indonesia dan (Insya Allah) tidak akan menjadi Inggris. Kalau di sana di larang, tentu di sini berbeda, begitu dalih kita. 

Singkatnya, di sini, ada yang di larang (oleh orang tuanya), ada pula yang justru sengaja diberikan untuk mendiamkan si anak dan orang tua bisa melanjutkan browsing-nya.

Di bandara beberapa waktu lalu, saya bahkan menyaksikan anak kecil sekitar 2-3 tahun, sedang begitu asyik melihat sebuah channel artis dan di sebelahnya si orang tua sedang asyik memainkan HP nya dan dia senang karena anaknya anteng dan tidak mengganggu keseruannya.

Lalu pertanyaannya, bagaimana sikap kita, apakah diberikan saja HP itu kepada anak kita, atau dilarang saja, atau antara keduanya dengan pengawasan ketat? Silakan di jawab sendiri menggunakan pendekatan yang pernah saya bagikan di tulisan sebelumnya :

Baca : Artikel Kecerdasan Buku Vs Kecerdasan Jalanan.

Bagi yang berkonsep kecerdasan buku, silakan gunakan pendekatan itu dalam menjawab pertanyaan di atas. Dan bagi penganut kecerdasan jalanan, juga silakan jawab pertanyaan di atas. Atau bagi yang berkonsep keduanya silakan disesuaikan jawabannya.

Baiklah, sekarang saya ingin mengajak Anda untuk menyimak dan memahami sebuah kalimat yang pernah saya sampaikan dalam sebuah pelatihan saya, yang kebetulan pertanyaan ini ditanyakan oleh seorang ibu yang khawatir anaknya akan kecanduan gadget dan mengganggu kesehatan mata.

"Jika Anda Tinggal di Pinggir Laut, Jangan Pernah Larang Anak Anda Bermain Air, Tetapi Justru Ajarilah Dia Cara Berenang" (TauRa)

Anak kita sekarang ini hidup di zaman teknologi dan tentu saja berbeda dengan zaman orang tuanya. Kalau kita melarang anak kita untuk mengetahui teknologi sedari dini, maka orang lain yang akan melakukannya duluan dan pada saat kita sadar, maka kita sudah jauh tertinggal. Yang paling penting tentu saja adalah cara memberinya ruang untuk menggunakan alat itu, apakah untuk alasan kesehatanya dan lain sebagainya, rasanya pada bagian ini semua orang tua sepakat.

Melarang anak untuk menggunakan teknologi melalui gadget nya justru akan semakin membuat dia penasaran. Dan kita tahu, orang yang penasaran, lambat laun akan mau melakukan "curi-curi" untuk sekadar mengatahui apa yang dilarang itu. Tugas orang tua tentu saja memberitahu apa yang baik, apa yang tidak boleh dilakukan dan tentu saja atur waktunya sesuai dengan kesepakatan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x