Mohon tunggu...
Taumy Alif Firman
Taumy Alif Firman Mohon Tunggu... Administrasi - Blogger sekaligus travel enthusiast.

Saat ini suka menulis tentang lifestyle dan destinasi wisata. Aktif dalam penulisan cerpen dan sedang mendalami penulisan skenario film berdasarkan kearifan lokal.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Belajar Tanpa Batas dengan Dukungan Internet yang Luar Biasa

7 Juli 2022   00:43 Diperbarui: 7 Juli 2022   00:48 101 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Belajar secara online selama pandemi (sumber: dokumentasi pribadi)

Pandemi memang memberikan dampak luar biasa. Mulai dari cara kerja, gaya hidup hingga cara mencari ilmu. Berlakunya sistem WFH (work from home) dengan kurun waktu hampir 2 tahun juga merubah kebiasaan dalam belajar.

Jika dahulu, untuk urusan menimba ilmu hingga menambah skill pastinya sering banget ikut workshop online atau malah ikut training lembaga kursus dengan bidang spesifik. Tetapi itu dulu, yang semuanya memang dimudahkan dan tidak memiliki hambatan untuk belajar dan datang secara langsung.

Nah, sekarang untuk urusan belajar dan menambah skill sudah sangat tidak mungkin dilakukan dengan tatap muka, semuanya berubah menjadi pembelajaran jarak jauh berbasis online. Awalnya sih, merasa aneh saja apalagi jika materi yang dipelajari butuh praktek khusus. Untungnya, hal tersebut sudah benar-benar diperhatikan oleh pihak penyelenggara seperti ketika belajar pemrograman data science.

Untuk belajar online, bukan hal yang gampang pula. Ada beberapa tantangan belajar online masa kini yang pastinya dirasakan oleh semua pengguna. Apa saja itu?

1. Butuh Waktu untuk Membiasakan Diri Mengenal Aplikasi Pertemuan Online

Tak kenal maka tak sayang, katanya sih begitu. Hal ini pula berlaku ketika belajar online pertama kali. Dahulu, tidak pernah terpikirkan apa itu aplikasi zoom, MS Teams, Google Meet, Webex, dan aplikasi pertemuan online lainnya. Kesulitan menggunakan dan memanfaatkan fiturnya adalah kendala awal yang sering terjadi.

Untung banget sih saat ini, sudah ada YouTube yang bisa menjadi media pembelajaran terkait tutorial, tips dan trik penggunaan berbagai aplikasi tersebut. Jadi, tidak akan terlalu lama mengalami kesulitan dalam membiasakan diri menggunakan aplikasi online tersebut.

2. Mahalnya Paket Kuota Internet.

Sebagai orang yang sering memanfaatkan internet, pastinya merasakan betapa mahalnya paket kuota internet kala awal pandemi. Apalagi jika kuota yang dibutuhkan hingga ratusan giga per bulan. Hal ini lah menjadi salah satu kendala pembelajaran jarak jauh jika dibandingkan dengan langsung datang ke tempat kursus.

3. Sinyal Internet yang Tidak Stabil

Saya sendiri paling kesel ketika belajar online di materi yang penting dan krusial, sinyal internetnya tiba-tiba hilang alias tidak stabil. Belum lagi, jika ada ujian online. Selain menguras waktu, pastinya juga bakal menguras emosi.

Alhamdulillahnya sih, segala kendala tersebut bisa segera diatasi. Berkat hadirnya IndiHome dari Telkom Indonesia di Kota saya, Palu. Segala manfaat internet bisa dirasakan dengan harga terjangkau oleh seluruh anggota keluarga juga, bukan hanya saya untuk belajar online. Makanya wajar kalau IndiHome ini dijuluki sebagai internetnya Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan