Mohon tunggu...
Taul
Taul Mohon Tunggu... STMKG || BMKG

Sedang menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

Selanjutnya

Tutup

Bola

"Futsal", Sepak Bola Mini Hits Masa Kini

23 November 2018   16:14 Diperbarui: 23 November 2018   17:18 0 0 0 Mohon Tunggu...

Kamu penggemar sepakbola? Suka main bola? Sepakbola merupakan olahraga yang digandrungi berbagai kalangan dari anak-anak, remaja dewasa dan bahkan orang tua pun masih ada yang suka bermain olahraga ini. 

Olahraga yang dimainkan oleh sebelas orang ini merupakan  olahraga yang terdapat adanya kontak fisik antara pemain satu dengan lainnya. Yang pasti tujuan kontak fisik ini bukan untuk hal negatif ya, maksudnya disini itu terjadi perebutan bola dari kaki ke kaki sehingga menimbulkan adanya kontak fisik.  

Namun, sekarang sepakbola terdapat versi mini nya lo! Ya, futsal adalah olahraga yang hampir mirip dengan sepak bola dalam versi mini. Kenapa saya katakan versi mini? Karena kita tahu olahraga futsal itu hanya memainkan lima orang pemain disetiap timnya. Waktu bermain olahraga futsal pun lebih singkat daripada olahraga sepak bola. Selain  itu, ukuran lapangan olahraga futsal pun tidak seluas sepak bola.  

Di dalam olahraga futsal pun juga ada beberapa kesamaan diantaranya adanya kontak fisik memperebutkan bola dari kaki pemain, tujuan permainan yang sama yaitu menciptakan sebuah gol, membutuhkan kerjasama tim untuk memperoleh kemenangan.  

Olahraga futsal bisa dimainkan dalam keadaan apapun baik pagi, siang, sore ataupun malam bisa dipertandingkan karena fasilitas olahraga futsal yang kebanyakan hampir semua dimainkan di dalam gedung atau indoor.

Banyak juga dari berbagai kalangan seperti anak-anak remaja bahkan orang tua pun bermain futsal. Mungkin bisa dikatakan olahraga ini sedang digandrungi banyak kalangan ya. Mengapa demikian? Seperti yang saya katakan tadi, olahraga ini hanya butuh lima orang tiap timnya sehingga bisa dengan mudah mengajak orang-orang berolahraga sekedar membuang keringat atau bersenang-senang. 

Waktu yang dimainkan pun tidak selama sepakbola  dimana semakin lama bermain akan membuat stamina pemain cepat terkuras habis dan cepat terasa lelah,  tapi menurutku tergantung kondisi fisik pemain sih hehehehe.  Tempo yang dipermainkan dalam olahraga futsal juga  cenderung cepat  mengingat waktu yang dimainkan juga singkat.

Sudah mulai banyak di berbagai daerah di Indonesia  terdapat sekolah atau club futsal. Dimana dari situlah bibit-bibit unggul dicari. Sudah banyak juga turnamen-turnamen yang pertandingkan  dalam  futsal, mulai dari tingkat daerah sampai nasional. Tentunya dengan harapan bibit-bibit unggul bisa diperoleh dan  bisa bersaing dikancah nasional bahkan internasional, yang pada akhirnya membawa nama harum bangsa Indonesia.

VIDEO PILIHAN