Mohon tunggu...
Taufiqurrohman
Taufiqurrohman Mohon Tunggu... Guru - Guru Pelajaran di SMP Negeri 1 Tanjung Jabung Timur Jambi

Saya adalah salah seorang guru di SMP N 1 Tanjung Jabung Timur salah satu kabuppaten di Provinsi Jambi. Hobi saya adalah membaca. Karena dengan membaca kita akan memiliki jiwa yang tenang.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Ice Breaking: Raise Your Hand!

26 September 2022   10:58 Diperbarui: 26 September 2022   11:31 73 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Mempelajari bahasa asing, terutama bahasa inggris kini merupakan keharusan, karena semakin menggelobalnya dunia menuntut orang cakap dalam berbahasa Inggris. Bukan hanya baca tulis, melainkan juga dalam percakapan pergaulan. Tetapi sayangnya, seringkali proses belajar bahasa Inggris ini sangat membosankan, terkesan menyulitkan dan jauh dari menyenangkan. 

Padahal, mempelajari bahasa berbeda dengan mempelajari bidang pelajaran yang lain. Bahasa, harus digunakan dan dipraktikkan dalam kehidupan nyata, bukan dihafalkan apalagi hanya dituliskan.

Oleh karena itu perlu kondisi dimana siswa dapat memperaktekkan Bahasa Inggris dengan cara menyenangkan bukan "malah" menjadi beban.

Untuk membuat siswa fun dalam belajar bahasa inggris maka salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan ice breaking : Raise your Hand.

Aturan dan cara  permainannya adalah sebagai berikut :

  • Teacher meminta siswa untuk berdiri
  • Teacher menjelaskan bahwa ketika teacher bilang "stand up" maka mereka harus berdiri. Ketika teacher bilang "sit down" maka siswa harus duduk. Ketika teacher bilang raise your hand maka siswa mengangkat tangannya. Dan bila teacher bilang "put your hand down" maka siswa menurunkan tangannya.
  • Untuk mempersukses permainan, diperlukan latihan terlebih dahulu
  • Untuk memotivasi siswa maka teacher perlu menyampaikan "pemenang dari games ini adalah yang tetap bertahan. Yang salah, maka gugur dan tidak diizinkan mengikuti permainan".
  • untuk melihat kefahaman siswa maka siswa perlu menutup matanya.
  • Untuk kombinasi permainan ini, siswa membuka matanya. Dan teacher menyampaikan intruksi "ikuti kata-kata saya. Jangan ikuti gerakan saya". Ketika menggunakan instruksi ini teacher mengikuti gerakan permainan ini. Tapi di saat tertentu teacher menyalahkan gerakannya. Siswa yang mengikuti gerakannya berarti siswa tersebut membuat kesalahan.
  • Untuk memberikan reward kepada siswa yang masih bertahan dalam permainan ini, teacher meminta siswa untuk memberikan applause yang meriah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan