Mohon tunggu...
Taufiq Nur Azis
Taufiq Nur Azis Mohon Tunggu... Taufiq Nur Azis

Relativitas

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Berikan Manisnya Hidup untuk Anak Turunmu di Masa Depan dengan Menjaga Bumi dari Sampah

19 Februari 2021   15:15 Diperbarui: 19 Februari 2021   15:31 84 3 0 Mohon Tunggu...

Sadar atau tidak sadar kita telah menyumbangkan pahitnya hidup untuk keturunan di masa depan. 

Bagaimana tidak? Kita tengok berapa kali kita membuang sampah sembarangan, menciptakan produk baru yang tidak ramah terhadap lingkungan hidup kita hari dan di masa depan. Kita sejenak merenung apabila hari ini kita telah menyumbangkan pahitnya hidup dengan membuang sampah dan menciptakan produk yang tidak ramah lingkungan. Beberapa tahun kemudian sampah tersebut akan memenuhi bumi ini. Kenapa bisa demikian.

1. Kurangnya kepedulian kita terhadap lingkungan sehingga membuang sampah seenaknya sendiri tanpa berfikir jangka panjang.

2. Bagi sebagian orang yang berfikir profit (keuntungan) hanya berfikir menciptakan produk baru yang tidak ramah lingkungan sehingga tidak dapat diuraikan dan dampaknya akan memenuhi bumi ini. Apakah bumi ini dijadikan sebagai sampah. Padahal awalnya bumi ini Allah SWT ciptakan dengan segala keindahannya. Manusia diberikan dan menerima amanah Allah untuk menjaga bumi ini namun sebagian dari kita lalai dan tidak memperdulikan apa yang telah diamanahkan kepada dirinya (manusia).

3. Jika setiap hari kita membawa 3 sampah, berarti satu Minggu 21 sampah dan 1 bulan adalah 84, kemudian 1 tahun kurang lebih 1.008 kantong plastik. Ini baru 1 orang. Bagaimana jika setiap orang melakukan aktivitas demikian. Tak terbayangkan sampahnya seberapa banyak. 

Sebetulnya banyak sekali yang perlu diulas dalam artikel ini namun, penulis membatasi dengan contoh sampah yang tidak dapat diuraikan atau tidak ramah lingkungan atau bahkan berbahaya.

 Sebagai salah satu contoh sampah yang tidak dapat terurai adalah sterofoam. Sampah Yang Tidak Bisa Terurai | Selamatkan Bumi Kita | Selektif TV Peduli Terhadap Lingkungan

Salah satu jenis sampai yang tidak bisa terurai adalah sterofoam. kenapa demikian karena, sterofoam merupakan sampah abadi, maksudnya "sampah abadi" merupakan sampah yang tidak bisa diurai dengan hitungan puluhan tahun. Sehingga sampah seperti sterofoam ini harus dikurangi atau bisa didaur ulang atau dimanfaatkan kembali untuk sesuatu yang yang memiliki manfaat tidak hanya sebagai tumpukan sampah begitu saja.  seperti dalam video tersebut merupakan salah satu upaya mendaur ulang atau re-use sterofoam sebagai media tanam bawang.

jaga bumi kita
selamatkan bumi kita
ayo peduli terhadap lingkungan
lingkunganku adalah lingkungan kita
kebersihan sebagian dari iman
aku adalah dirimu, dan dirimu adalah diriku, kita adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. lingkungan adalah kita, dan kita menjadi bagian dari lingkungan. sehingga perlunya menjaga lingkungan hidup agar anak cucu dan cicit kita dimasa depan tidak menikmati sampah karena ulah kita hari ini.
berikan lingkungan hidup yang yang bersih untuk anak, cucu dan cicitmu dengan menjaga lingkungan hidup kita hari ini.

Link : https://bit.ly/37sDclX

Pendidikan lingkungan

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x