Mohon tunggu...
Taufiq Nur Azis
Taufiq Nur Azis Mohon Tunggu... Taufiq Nur Azis

Lahir di Demak Jawa Tengah - Domisili Bogor Jawa Barat - “Kalau Kamu Bukan Anak Raja dan Bukan Anak 'Ulama Besar, Maka Menulislah.” (Imam Al Ghozali) - Founder "Indonesian School of Skills"

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Sekolah.... ya Sekolah Alam Cikeasku

10 Agustus 2020   16:54 Diperbarui: 11 Agustus 2020   18:38 5 0 0 Mohon Tunggu...

Sekolah Alam Cikeas merupakan salah satu sekolah terbaik yang pernah memberikan pengalaman terbaik pula. Sekolah Alam Cikeas memberikan warna pelangi dunia pendidikan Indonesia dalam mempersiapkan generasi di masa depan. Dimana sekolah Alam Cikeas mampu memberikan wadah untuk generasi muda mengenal dirinya, dan alam sekitarnya. Sebagaimana kita kembalikan konsep dasar dari pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh manusia untuk memperbaiki hidupnya. lalu apa relevansinya antara mengenal diri dengan pendidikan? tentu saja ada relevansinya. Salah satu adalah jika sekolah memberikan kesempatan anak untuk mengenal dirinya maka sangat relevan sekali bahwa ketika seseorang dikatakan melakukan proses pendidikan berarti ia menyadari dengan sepenuh hati bahwa ia melakukan proses pendidikan.  Sekolah/ pendidikan yang ideal menurut penulis adalah "mengusahakan dengan penuh kesadaran tentang apa yang menjadi tujuan seseorang melakukan proses pendidikan" Siapa yang mengusahakan tentunya adalah manusia pembelajarnya dan Pendidik dengan sadar bahwa yang ingin sekolah (belajar) adalah siswa bukan guru (pendidik). Jadi ruh (pendidik) memiliki fungsi fasilitator bukan sebagai diktator). Nah dari sinilah makanya fungsi seorang pendidik disekolah Alam Cikeas disebut sebagai fasilitator. Fasilitator merupakan sebutan pendidik dalam lembaga pendidikan sekolah Alam Cikeas yang memiliki pengertian bahwa pendidik adalah guru yang memfasilitasi dan menumbuhkembangkan apa yang menjadi potensi dan bakatnya.

Sangat berbeda sekali dengan sekolah Alam Cikeas yang notabanenya bukan sekolah Islam tetapi nilai-nilai keislaman muncul dan termaktub (melekat) didalam sikap dan hati sanubari baik fasilitator, siswa, staff dan seluruh stakeholder yang ada. Sekolah Alam Cikeas juga memberikan wadah untuk anak berkreasi sesuai dengan potensi dan bakat yang dimiliki. Kemudian juga sekolah Alam Cikeas menjunjung tinggi akhlakul karimah dilingkungan sekolah dan tentunya tidak hanya sekedar slogan. 

Sekolahku ya Sekolah Alam CikeasKU - Salam Maju Bersama Sekolah Alam Cikeas Yang Selalu Menumbuhkembangkan Karakter leadership, entrepreneur, potensi,bakat & lainnya.

Closing statement: Sekolah harus menumbuhkembangkan nilai-nilai karakter, leadership, potensi, bakat, dan lain sebagainya 

"kembangkan karakter, bukan membunuh karakter"

VIDEO PILIHAN