Mohon tunggu...
Taufik hidayat Ats
Taufik hidayat Ats Mohon Tunggu... Literasi muda Ats

Menulis bisa menembus ruang dan waktu

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Upaya Peningkatan Kualitas Guru Melalui Pelatihan Geogebra

12 Oktober 2019   20:17 Diperbarui: 12 Oktober 2019   20:30 0 1 1 Mohon Tunggu...
Upaya Peningkatan Kualitas Guru Melalui Pelatihan Geogebra
Upaya peningkatan sdm guru melalui pelatihan Geogebra

Upaya Peningkatan Kualitas Guru Untuk Pendidikan Lebih Baik Melalui PELATIHAN GEOGEBRA

Guru merupakan salah satu unsur terpenting dalam pendidikan. Baik buruknya kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh standar kualitas guru. Oleh karena itu, guru perlu meningkatkan kompetensinya seperti tercantum dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Ada empat kompetensi yang harus dipenuhi guru, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan kompetensi sosial.

Lantas bagaimana dengan standar kompetensi guru di Indonesia, apakah sudah memenuhi empat kompetensi di atas? Fakta di lapangan menunjukkan kompetensi guru masih perlu ditingkatkan. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya manusia Pendidikan Kebudayaan (BPSDMPK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Syahwal Gultom (2013).

Uji kompetensi guru dalam tiga tahun terakhir menunjukkan hasil standarisasi masih perlu untuk ditingkatkan untuk mencapai target standar pelayanan pendidikan untuk kompetensi guru. Tentu harus ada langkah konkrit untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi guru. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyadari hal ini dan mengantisipasinya dengan membuat pemetaan standar kompetensi guru di Indonesia.

Berbagai pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru sudah dilakukan, termasuk pelatihan mengajar yang disesuaikan dengan perkembangan zaman seperti pemanfaatan teknologi. Peningkatkan sarana belajar mengajar juga menjadi faktor penting dalam peningkatan kompetensi guru. Bukan pemandangan aneh bila guru menggunakan perlengkapan multimedia dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar.

Hal ini akan meningkatkan k ompetensi profesional guru yang akan berimbas positif terhadap peningkatakan kualitas siswa didik. Kegiatan-kegiatan seperti pelatihan, pembekalan, dan pemberdayaan guru tentu sangat penting untuk meningkatkan kualitas mereka. Dengan meningkatkan standar kualitas guru di Indonesia, kualitas pendidikan pun akan meningkat secara signifikan. Bagaimana pun, pendidikan adalah sesuatu yang sangat penting. Seperti kata Allan Bloom, seorang filsuf Amerika, budayawan dan akademisi, "pendidikan adalah pergerakan dari kegelapan menuju cahaya". Mari kita tingkatkan kualitas manusia Indonesia menjadi lebih baik melalui jalan pendidikan. Geogebra  adalah   software   matematika   dinamis   yang   menggabungkan geometri, aljabar, dan kalkulus dapat   digunakan sebagai    alat    bantu    dalam    pembelajaran    matematika.

Software  ini dikembangkan  untuk  proses  belajar  mengajar  matematika  di  sekolah  oleh Markus  Hohenwarter  di  Universitas  Florida  Atlantic. Di satu sisi, GeoGebra adalah sistem geometri dinamik. Anda dapat melakukan konstruksi dengan titik, vektor, ruas garis, garis, irisan kerucut, begitu juga dengan fungsi, dan mengubah hasil konstruksi selanjutnya. Selain itu geogebra adalah Sebuah softwere yang sangat membantu teman-teman atau para guru dalam mengerjakan tugas atau pembelajaran Matematika yang berkaitan dengan geometri, aljabar, tabel, grafik, statistik dan kalkulus bisa lebih mudah menggunakan software ini.

Banyak guru sudah memakai softwere ini n recomend pakakai softwere ini. GeoGebra merupakan program komputer yang bersifat dinamis dan interaktif untuk mendukung pembelajaran dan penyelesaian persoalan matematika khususnya geometri, aljabar, dan kalkulus. Sebagai sistem geometri dinamik, konstruksi pada GeoGebra dapat dilakukan dengan titik, vektor, ruas garis, garis, irisan kerucut, fungsi.

Software yang dikembangkan oleh Markus Hohenwarter dapat digunakan secara gratis oleh Anda terutama sebagai siswa, guru, atau orang tua. Salah satu ontoh penggunaan yang sangat sederhana misalnya pada kotak isian input saya memasukan fungsi kuadrat, maka setelah menekan tombol [Enter] grafik fungsi kuadrat tersebut akan ditampilkan. Dengan menggunakan tool point yang disediakan, saya mengklik dua titik perpotongan grafik tersebut dengan sumbu x, sebagai penyelesaian dimana y=0.

Selain itu sebagai contoh juga dapat di gunakan dalam pembelajaran integral Tentunya GeoGebra dapat pula digunakan untuk menyelesaikan dan menggambarkan berbagai persoalan matematika yang lebih kompleks bagi pandangan saya. Saya sendiri, karena keterbatasan ilmu matematika tentunya tidak dapat menggambarkan secara lengkap kegunaan dari GeoGebra, namun jangan kuatir, menu-menu dapat disetting menggunakan Bahasa Indonesia, termasuk menu bantuan (help) yang dapat membantu mengenal dan menggunakan Geogebra ini sesuai dengan materi yang akan dipelajari atau diajarkan.

GeoGebra dapat digunakan pada komputer dengan sistem operasi Windows, Mac, Linux maupun langsung melalui menu Web Start pada website-nya. (Sumber: http://matematikacerdas.wordpress.com/2011/09/30/membuat-media-pembelajaran-matematika-dengan-geogebra-serta-video-tutorialnya/) Untuk menggunakan program Geogebra terlebih dahulu kita harus menginstal program Java. Program java dapat didownload pada link http://filehippo.com/download_jre_32/ Program Geogebra bisa didownload pada link http://www.geogebra.org/cms/en/installers.

Dalam Rangka Peningkatan Kualitas  Guru Untuk Pendidikan Lebih baik , MKKS SMP Swasta Surabaya Utara bekerjasama Dengan DEPARTEMEN MATEMATIKA ITS Mengadakan Pelatihan GEOGEBRA Bagi Guru -- Guru Matematika Yang di adakan Di LABORATORIUM Komputer SMP BARUNAWATI Surabaya Pada hari Sabtu 12/10/2019 , Dimana Materi di sampaikan Oleh Prof Bi Dan Prof Erna  Dari Departemen  Matematika ITS.

Dalam kesempatan tersebut Prof Bi Dan Prof Erna Mengajarkan materi Tentang  Teorema Phytagoras, Kekonruenan dan kesebangunan , Segi Empat dan Segitiga Garis Dan Sudut , Lingkaran , Bangun Ruang , Sisi Datar , Bangun Ruang Dan SISI Lengkung, Seluruh Guru -- Guru SMP Swasta Surabaya Utara sangat senang dengan materi yang di sampaikan , Dimana  Guru Matematika yang masih muda -- muda mengajari kepada Guru -- Guru yang sudah usia dengan Telaten , dimana Tutor sebaya sudah diterapkan Guru -- Guru SMP Swasta Surabaya Utara, Akhirnya  Tidak ada rasa canggung , Sehingga Materi yang disampaikan Oleh Prof Bi Dan Prof Erna Bisa Cepat di tangkap oleh Guru Guru .

Tepat Pukul 14.00 Kegiatan Pelatihan GEOGEBRA Mulai Tanggal 5 Dan 12 Oktober 2019 ditutup , Dalam Kesempatan ini yang bertindak menjadi Pembawa Acara adalah Bapak  Endro Subiyantoro , S.Pd Selaku Ketua MGMP Matematika SMP Swasta Surabaya Utara  dan Juga Guru Matematika Di SMP UNESA 1 Surabaya.

Dalam sambutannya Perwakilan MKKS SMP Swasta Surabaya Utara Yang dalam hal ini di wakili Oleh Sekretaris MKKS SMP Swasta Surabaya Utara Bapak H. BANU ATMOKO , S.Pd  mengucapkan banyak terimakasih Kepada ITS atas Kerjasama Ini Dan Beliau Berharap agar materi ini bisa Di Gunakan Kepada Anak Didik di Sekolah Nya , Khususnya Kelas 9 Dalam menghadapi UNBK , Sehingga Nilai UNBK Di Wilayah Utara Bisa Meningkat Dari Tahun Tahun Sebelumnya , Ibu ENDANG SRI RENASTUTIK , S.Pd , M.Pd Selaku Pengawas Pembina menyampaikan bahwa Kegiatan Pelatihan GEOGEBRA Ini  Upaya Peningkatan  Kualitas Guru Untuk Pendidikan Lebih Baik.

Kontributor : Pak Banu Atmoko (Kepla Sekolah SDS AL IKHLAS SURABAYA)