Mohon tunggu...
Taufiq Akbar
Taufiq Akbar Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Hobi: Berdiskusi Kepribadian: Terbuka dan ceria Konten yang di sukai: Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Manfaat Internet dalam Bidang Pendidikan

23 September 2022   00:35 Diperbarui: 23 September 2022   00:37 93 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun


perkembangan teknologi internet membawa dampak yang luar biasa dalam kehidupan sehari-hari, termasuk juga dalam dunia pendidikan. Dengan adanya Internet telah mampu menghasilkan metode pembelajaran jarak jauh yang dapat di gunakan, baik oleh pihak pengajar ataupun pelajar yang ada di sekolah ataupun kampus. Maka dari itu, internet membawa peranan penting d dalam menunjang perkembangan kulaitas pendidikan di Indonesia.

Manfaat utama yang bisa kita dapatkan dari kegunaan internet terkhusus di dalam bidang pendidikan adalah sebagai sarana dalam mencari informasi. Tak hanya itu, informasi yang di dapatkan dari Internet jauh lebih update dari buku maupun perpustakaan. Hampir semua informasi tentang pendidikan, bisa kita akses dengan internet, misalnya materi pelajaran, kurikulum, silabus, sol-soal pelajaran ataupun cara pengerjaanya,. Selain itu internet ini juga mempermudah kita untuk mencari literatur, cukup hanya dengan mengetik kata kuncinya sesuai dengan kebutuhan, maka kita akan langsung mendapatkan informasi sesuai kata kunci literatur tersebut.

Kemudian teknologi internet yang sering di lakukan sekarang adalah sistem pendidikan daring atau pendidikan jarak jauh. Pendidikan jarak jauh ini bisa kita dapatkan di sejumlah universitas yang menyediakan program kuliah online, di mana mahasiswa dan mahasiswinya dalam melaksanakan kuliah tanpa harus hadir ke universitasnya itu. Kita dapat mengakses modul pembelajaran dari jarak jauh di manapun kita berada. Melalui internet juga memiliki peranan dalam mengakses informasi mengenai beasiswa di dalam maupun di luar negeri secara luas.

Internet menjadi media yang sangat pas untuk melakukan pembelajaran jarak jauh. Dengan Internet, mahasiswa dan dosen bisa melihat jadwal kuliah, mengirimkan berkas tugas perkuliahan, melihat nilai, konsultasi dan melakukan diskusi tanpa harus bertatap muka langsung. Sementara itu mahasiswa dapat menggunakan internet untuk belajar secara mandiri secara efisien dan cepat, sehingga itu akan meningkatkan serta memperluas pengetahuan, belajar berinteraksi, dan meningkatkan prestasi akademiknya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan