Mohon tunggu...
Taufik Uieks
Taufik Uieks Mohon Tunggu... Dosen - Dosen , penulis buku travelling dan suka jalan-jalan kemana saja,

Hidup adalah sebuah perjalanan..Nikmati saja..

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Menikmati Kopi Durian bersama Nenek Cantik di Kampung Baduy

20 September 2022   12:16 Diperbarui: 20 September 2022   13:26 129 14 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Suku Baduy merupakan salah satu sub etnis Sunda yang tinggal di kawasan Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Mereka umumnya hidup secara tradisional dan mengisolasi diri dari kemajuan teknologi.  

Secara umum suku Baduy diklasifikasikan dengan Baduy Dalam dan Baduy Luar tergantung tingkat interaksi mereka dengan dunia luar.  

Salah satu cara berkunjung ke Kampung Baduy adalah mampir ke kawasan Ciboleger dan kemudian berjalan kaki ke Kampung Gajeboh yang merupakan perbatasan Baduy Dalam dan Baduy luar.  Yuk ikuti kisah penulis bersama Wisata Kreatif Jakarta berkunjung ke Kampung Baduy Luar.

Stasiun Rangkasbitung
Stasiun Rangkasbitung

Perjalanan pagi itu dimulai dengan naik KRL menuju stasiun terakhir di Rangkasbitung.  Dari Tanah Abang waktu tempuh hampir dua jam melewati 18 stasiun.  

Sebuah peta wisata menunjukkan lokasi Stasiun Rangkasbitung dan juga beberapa tempat wisata terkenal di Propinsi Banten seperti Pantai Sawarna, Taman Nasional Ujung Kulon, Pulau Panaitan,  Gunung Luhur, Hutan Pinus Cisidin dan juga Kebun Teh Harendong. 

Di sebelahnya ada gambar mengenai Wisata Budaya Baduy dengan tiga orang Baduy yang mengenakan busana tradisional. 

Angkot Rangkas Coboleger pp: Dokpri
Angkot Rangkas Coboleger pp: Dokpri

Di stasiun Rangkasbitung ini, kami yang tergabung dalam Baduy Trip yang berjumlah 9 orang berkumpul dan bersama dengan Mbak Ira Latief dari Wisata Kreatif  Jakarta (Total 10 orang) kemudian naik angkot menuju ke Ciboleger. 

Jarak Rangkas Bitung Ciboleger yang sekitar 35 kilometer harus ditempuh selama lebih dari satu setengah jam karena walaupun lalu lintas tergolong sepi tetapi Sebagian jalan dalam kondisi kurang baik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan