Mohon tunggu...
Taufik Uieks
Taufik Uieks Mohon Tunggu... penulis buku dan suka jalan-jalan kemana saja

Hidup adalah sebuah perjalanan..Nikmati saja..

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

LRT atau MRT di Bekasi Tangerang Depok dan Bogor, Mengapa Tidak?

12 Maret 2020   08:38 Diperbarui: 12 Maret 2020   09:13 64 4 1 Mohon Tunggu...

Pada saat ini Jakarta sudah punya MRT  dan LRT. MRT walau baru satu jalur sudah lumayan membantu pergerakan masyarakat dari kawasan selatan di sekitar Lebak Bulus menuju kawasan Sudirman Thamrin.

Selain itu juga sudah ada LRT Jakarta di kawasan Kelapa Gading sampai Pemuda dan Rawamangun yang walau belum kemana -mana sudah bisa membantu masyarakat untuk bepergian .

dokpri
dokpri
Pada saat ini juga sedang dibangun LRT Jabodebek dari Cibubur ke Cawang Dukuh Atas dan kemudian Bekasi.

Namun pertanyaannya sesampainya di Bekasi , kita tetap harus melanjutkan dengan moda transportasi konvensional. Berbentuk angkot Trans Patriot atau angkutan daring.

Hingga saat ini belum ada rencana Pemda Bekasi untuk membangun transportasi masal berbasis rel baik MRT atau LRT.

dokpri
dokpri
Sementara Kawasan Bekasi memiliki jutaan penduduk  yang bermukim di banyak Perumahan yang tersebar di berbagai daerah dan lokasi yang cukup luas dan terpencar.

Seandainya dibangun transportasi massal berbasis rel yang terintegrasi dengan stasiunLRT dan KRL tentunya akan sangat membantu penduduk di kawasan Bekasi untuk meninggalkan kendaraan pribadi dan membuat kota ini menjadi lebih nyaman.

dokpri
dokpri
Selain Bekasi, analogi yang sama juga bisa diterapkan di Tangerang, Tangerang Selatan, Depok dan juga Bogor.

Angkutan massal berbentuk rel memang Haris terus dikembangkan untuk menjawab dan memberikan solusi transportasi di kawasan berpenduduk padat  seperti di Jabodetabek. 

Yuk kita tunggu adanya  pimpinan atau kepala daerah yang mempunyai visi ke depan untuk membangun kawasan penyanggah Jakarta ini.

Bekasi, 12 Maret 2020

Foto : dokpri 

VIDEO PILIHAN