Mohon tunggu...
Taufik Hidayatullah
Taufik Hidayatullah Mohon Tunggu... Mahasiswa - universitas Prof DR Hamka (uhamka)

saya paling hobi membaca buku dan berolahraga

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa FEB UHAMKA Telah Mengikuti KKN Muhammadiyah Aisyiyah di Makassar

7 November 2022   23:32 Diperbarui: 7 November 2022   23:32 198
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mahasiswa FEB UHAMKA Telah Mengikuti KKN Muhammadiyah Aisyiyah di Makassar

 

kompasiana.com Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah Aisyiyah (KKN MAs) adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen pembimbing lapangan dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah seluruh Indonesia secara bersama-sama. Tema yang di usung dari KKN MAs periode ini yaitu "Penguatan Agroteknopreneur Berbasis Digital untuk mendukung Industri dan Pariwisata".

Khafilah Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah -- Aisyiyah (KKNMAs) dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. DR HAMKA laksanakan KKN Mas untuk bangkitkan ekonomi masyarakat Sulawesi Selatan lewat berbagai program yang menyasar ekonomi digital guna peningkatan ekonomi di daerah Sulawesi Selatan akibat dampak dari pandemi covid-19.

Penyelenggaraan KKNMAs 2022 berlangsung selama 40 hari dari  31 Juli sampai 13 September yang berlokasi di Sulawesi Selatan khususnya kabupaten Maros, takalar dan gowa. Fakultas ekonomi dan bisnis universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka mengirim 3 mahasiswa dari berbagai program studi, yakni Rachmina (D3 Akuntansi), Taufik Hidayat (S1 Manajemen) dan Imaduddin Al Fanani (S1 Ekonomi Islam).

"Dengan dilaksanakannya kegiatan KKNMas, diharapkan ketiga mahasiswa yang terlibat aktif dapat bekerja sama dalam menjalankan program optimalisasi UMKM dan objek wisata yang ada di sulawesi selatan." tutur Zulpahmi selaku Dekan FEB Uhamka

Beberapa program dari kafilah KKNMas FEB Uhamka di antaranya adalah digitalisasi UMKM, pengembangan pemasaran produk UMKM, pengembangan olahan hasil pertanian, dan pembangunan Kembali objek wisata yang mengalami tutup sementara dampak akibat COVID-19.


      Pada program UMKM, kalifah KKNMas FEB Uhamka  melakukan sosialisasi pemasaran (berikut dengan risiko serta penggunaan dari masing-masing market place digital), pendampingan, dan pelatihan cara pembuatan logo produk untuk UMKM.

Produk yang dihasilkan dalam program UMKM ini diantaranya teng-teng Malino, dan Kopi.

"Pelatihan ekonomi digital guna peningkatan ekonomi masyarakat di daerah Sulawesi Selatan ini merupakan sebuah satu kesatuan yang utuh dan penting untuk dilaksanakan dalam kegiatan KKNMAs mahasiswa FEB Uhamka sebagai bentuk merealisasikan program yang telah ditetapkan. Akhirnya,  produk teng-teng Malino dan Kopi Menjadi luaran dalam kegiatan tersebut," papar Edi Setiawan selaku dosen pembimbing dan Wakil Dekan III FEB Uhamka.

sementar itu, sektor ekonomi pariwisata, mahasiswa KKNMAs melakukan pendirian objek Wisata di Kabupaten Bulukumba menemukan hamparan laut berwarna turquoise kontras dengan warna tebing. Ada beberapa spot dan jembatan yang disediakan untuk para pengunjung di sulawesi selatan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun