Mohon tunggu...
tatiana dwi lestari
tatiana dwi lestari Mohon Tunggu... Sales - Salatiga 12 Januari 1997

carpricron

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengalaman Belajar Sumber Daya Manusia (SDM) untuk Persiapkan Mahasiswa STIAMAK Barunawati dalam Bekerja

29 Juli 2021   22:23 Diperbarui: 29 Juli 2021   22:47 206 56 2 Mohon Tunggu...

Assalamualaikum wr.wb

Salam sehat,  semoga kita semua selalu diberi kesehatan dan keberkahan pada masa pandemi saat ini.

Perkenalkan saya Tatiana Dwi Lestari 19130092, mahasiswi transfer semester IV dari kampus Stiamak Barunawati Surabaya.Disini saya akan membagikan sedikit pengalaman saya ketika mengikuti proses belajar mata kuliah Sumber Daya Manusia (SDM) diajarkan oleh Dosen DR. NUGROHO DWI P., MSc.

Meskipun dalam keadaan pandemi saat ini, bukan berarti kita tidak belajar, belajar via daring merupakan pilihan yang tepat saat pandemi yang terjadi di Idonesia. ini pengalaman saya mengikuti proses belajar mata kuliah Sumber Daya Manusia (SDM) selama 1 semester di Stiamak Barunawati Surabaya, saya banyak mendapatkan  ilmu yang berguna dalam kehidupan saya sehari-hari dalam berorganisasi maupun dalam pekerjaan saya yang mana ilmu tersebut dapat saya terapkan di dalam perusahaan saya bekerja. 

Sumber Daya Manusia di bidang perusahaan adalah suatu proses perusahaan dalam mengelola tenaga kerja dengan menfaatkan sumber daya yang ada demi terwujudnya tujuan Bersama. Perusahaan, sebagai penggerak suatu organisasi, baik institusi maupun perusahaan dan berfungsi sebagai aset yang harus dilatih dan dikembangkan kemampuannya. 

Manajemen sumber daya manusia (SDM) bagi perusahaan sangatlah penting, mengapa demikian? karena untuk mengetahui kualitas pekerjaan karyawan dan inovatifnya, kejujuran dalam bekerja, kehadiran dalam bekerja, sikap dalam bekerja, inisiatif dan kreatifitas, keandalan dalam bekerja, pengetahuan tentang pekerjaan, dan tanggung jawab terhadap pekerjaan. Manfaat penting pengelolaan sumber daya alam (SDM) di dalam perusahaan itu sendiri adalah mengurangi dan menghilangkan sifat dari kinerja yang buruk, meningkatkan produktivitas didalam perusahaan, meningkatkan komitmen karyawan, serta mengurangi turn over dan absensi karyawan.

Dengan demikian, mengapa mahasiswa perlu belajar lebih dalam mengenai sumber daya alam (SDM) ini? Pertama, untuk menggali lebih dalam potensi manusia dalam organisasi sehingga dapat dimanfaatkan secara efektif dan efesien mungkin. Kedua, untuk mempersiapkan mental atau sikap mahasiswa ketika berada di dunia kerja kelak. Ketiga, manusia memiliki tujuan dan cita-cita untuk mencapai keberhasilan yang diinginkan. Keempat, organisasi adalah kumpulan orang-orang jadi mahasiswa dapat menganalisa sdm yang ada.

Sebagai penutup saya ucapkan terimakasih kepada Bapak DR. NUGROHO DWI P., MSc atas ilmunya yang diberikan selama perkuliahan Sumber Daya Alam (SDM) ini. Semoga ilmu yang saya peroleh, dapat bermanfaat bagi sesama dan dapat diamalkan.

Wassalamualaikum wr.wb

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x