Mohon tunggu...
Tati Dayana P
Tati Dayana P Mohon Tunggu... Pengacara - Menulis dengan menyampaikan rasa yang jika kita sampaikan tanpa menulis tidak berani menyampaikan

Law Faculty of Jayabaya University

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Harmonisasi Rumah Tangga di Tengah Covid-19

15 April 2020   00:19 Diperbarui: 15 April 2020   08:56 138 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(dokpri) gambaran ekspresi keluarga saat menghadapi COVID-19


Keluarga adalah, wadah pertama bagi kita untuk mengekspresikan sikap dan karakter kita. Ditengah pandemi COVID-19, kita menghabiskan waktu bersama keluarga 90%.

Jadi sejauh ini apakah dengan sistem WFH, isolasi mandiri, PSBB, harmonisasi keluarga berubah? iya, pasti. Perubahan yg baik dan bahkan perubahan yang buruk bisa terjadi. Tiga sistem tersebut, berpotensi mengakibatkan finansial keluarga terganggu untuk sebagian kalangan. Dan hal ini pun bisa mengganggu komunikasi rumah tangga dan harmonisasi keluarga. Tidak perlu munafik. Finansial terganggu, maka kebutuhan yang biasanya dikebutuhi  bisa jadi terganggu. 

Lalu bagaimana menghadapi COVID-19 ini agar komunikasi rumah tangga dan harmonisasi keluarga tetap terjaga dengan baik atau bahkan jadi lebih baik? berikut tipsnya :

1. Mengikuti program pemerintah

dalam pandemi COVID-19 ini pemerintah tidak pernah tinggal diam. Pemerintah memberi keringanan seperti, pembayaran cicilan, listrik, dan program lain lain dengan ketentuan lain - lain. Dengan mengikuti program - program pemerintah, finansial keluarga bisa terbantu.

2. Tahan jari anda untuk tidak klik orderan makanan online.

iya, memang begitu banyak promo menarik untuk jajan online. tapi akan lebih baik jika kita masak dan membuat cemilan - cemilan sederhana. Seperti membuat gorengan sendiri, membuat dalgona kopi yang lagi viral dan banyak masakan sederhana lain sebagai pengganti jajanan. Dengan Hal ini selain hemat juga meningkatkan harmonisasi keluarga saat masak bersama di dapur sambil bernostalgia. Bukan bergosipria ya.

3. Komunikasi rumah tangga dengan baik

beralih dari cara menghemat demi finansial. Mengerti dan menerima keadaan adalah hal yang sangat penting pula. Jangan sampi ada perkeleraian rumah tangga akibat COVID-19 ini. Jika finansial keluarga terganggu akibat COVID-19. Pasangan suami istri harus bisa saling menerima keadaan dengan cara, tetap komunikasi dengan baik, lebih hemat dan mengeluarkan pengeluaran dengan seadanya saja. Jika bisa saling menerima dan mengerti maka kecintaan terhadap keluargapun akan saling bertambah satu sama lain.

Tiga tips diatas cukup sederhana. Namun Cukup berpengaruh untuk keluarga tetap harmonis ditengah COVID-19 ini. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan