Mohon tunggu...
Eta Rahayu
Eta Rahayu Mohon Tunggu... Lainnya - Urban Planner | Pemerhati Kota | Content Writer | www.etarahayu.com

Hidup tidak membiarkan satu orangpun lolos untuk cuma jadi penonton. #dee #petir etha_tata@yahoo.com | IG: @etaaray

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

Ke Mana Tujuan Registrasi SIM-Card Bermuara?

19 November 2018   08:38 Diperbarui: 21 November 2018   21:48 441
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi registrasi SIM Card oleh Detikcom

Kita tentu masih ingat kebijakan yang membuat heboh awal tahun ini. REGISTRASI SIMCARD. Heboh karena kebijakan yang tertuang pada Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Nomor 14 Tahun 2017 itu membatasi waktu registrasi ulang wajib. Jika tidak registrasi, maka akan terblokir. Begitu sanksi yang berlaku.

Tak ingin kehilangan nomor yang selama ini telah melekat menjadi identitas, masyarakat berbondong-bondong mengirimkan data diri ke nomor 4444. Termasuk saya pun demikian. Saya mendaftarkan dua nomor kartu saya.

Saya ingat, hari-hari itu ada pembatasan nomor yang didaftarkan untuk satu NIK. Namun kemudian, kebijakan pembatasan itu dianulir jua. Setiap orang boleh mendaftarkan nomor hingga tak terbatas. Sungguh kebijakan yang plin plan sekali. 

Tapi saya tak akan membahas kebijakan yang berganti dalam hitungan bulan itu. Saya hanya merasa bahwa kebijakan yang goyah itu ternyata masih punya celah.

Melalui Tempo, Pak Menteri Kominfo, Rudiantara, pernah mengatakan bahwa tujuan dari aturan ini adalah untuk meminimalisir penyalahgunaan nomor pelanggan prabayar yang selama ini banyak dipergunakan untuk penipuan, penyebaran konten negatif alias hate speech.

But, see? Saya bahkan hingga bulan ini masih menerima SMS bernada penipuan seperti ini. 

SMS Penipuan | Dokumentasi pribadi
SMS Penipuan | Dokumentasi pribadi
Lantas kemana tujuan registrasi SIM-Card bermuara? Apa tujuan itu gagal? Setelah rakyat Indonesia membuka identitas rahasia hingga Kartu Keluarga. Rasanya sungguh tak adil.

Saya bukannya pesimis, saya cukup optimis dengan program ini di awal. Karena seperti di negara tetangga, registrasi SIMCARD ini benar-benar berguna. Tapi setelah kebijakan ini berjalan, setelah kebijakan direvisi, setelah saya masih mendapat pesan-pesan penipuan. Rasanya kok saya menyayangkan kebijakan ini.

Dimana fungsi pengawasan kebijakan ini?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun