Mohon tunggu...
tasya thesalonikatuwaidan
tasya thesalonikatuwaidan Mohon Tunggu... Mahasiswa

Terus belajar, Belajar terus

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Outfit jadi Keren Berkat Menonton Berita, Memangnya Bisa?

7 November 2020   21:36 Diperbarui: 7 November 2020   21:37 53 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Outfit jadi Keren Berkat Menonton Berita, Memangnya Bisa?
Hasil tangkapan layar

Di masa kini siapasih yang ga suka fashion? Dari orang tua bahkan anak-anak, apalagi para remaja, rasanya fashion merupakan salah satu perhatian penting dalam kehidupan saat ini. Di Indonesia, gaya berpakaian asli biasanya identik dengan pakaian adat seperti kebaya, batik, kutu, dan sebagainya. Tetapi dari masa ke masa rasanya di kehidupan kita sehari-hari sangat minim orang yang berpakaian seperti itu?

Seiring dengan perkembangan waktu dan zaman, gaya berpakaian masyarakat Indoensia pastinya berubah, apalagi dengan adanya percampuran dari budaya lain yang menginspirasi untuk mengeksplor gaya berbusana tersebut, dan hal ini biasanya ditemukan melalui media.

Media-media besar yang memiliki kekuasan yang juga besar dan akhirnya mampu masuk ke Indonesia merupakan salah satu cara, bagaimana inspirasi-inspirasi gaya berpakaian luar negeri masuk ke Indonesia dan memberikan efek yang besar bagi gaya berbusana di Indoensia saat ini. salah satu contohnya adalah media berita milik Amerika yang juga ada di Indonesia yaitu, CNN.

Hasil tangkapan layar dari laman web CNN style
Hasil tangkapan layar dari laman web CNN style

CNN atau Cable News Network merupakan chanel berita Amerika yang sangat mendunia. CNN resmi masuk ke Indonesia pada 15 Desember 2015 dan akhirnya dapat kita nikmati sampai saat ini. Untuk mengaksesnya bisa melalui website CNN atau juga bisa melalui saluran televisi berlangganan. Mudah untuk di akses membuat CNN menjadi cukup terkenal di Indonesia. Pada websitenya, CNN menyajikan banyak kategori berita seperti olahraga, tekonologi, politik, ekonomi, internasional, dan pastinya gaya hidup.

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa CNN merupakan milik Amerika dan hal ini dimanfaatkan baik oleh negara tersebut untuk mengekspos budaya dari negaranya ke Indonesia, melalui chanel berita ini. Tanpa disadari, dengan bantuan media yang terus menerus mengekspos gaya berpakaian dengan ciri khas negara tersebut, maka dampaknya pun mulai terlihat seperti percampuran gaya berbusana di Indoensia.

Mengapa media Amerika ini mampu sampai ke Indonesia dan dengan power yang dimiliki, mereka bisa membuat perubahan gaya berpakaian di negara lain? Hal ini terjadi karena CNN merupakan salah satu bentuk nyata dari konglomerasi media di Amerika yang akhirnya sampai ke Indonesia. CNN merupakan salah satu pemegang saham uatama di Time Warner Inc. atau yang biasa dikelas dengan Warner Bros. Maka dari itu jelas, dengan power yang dimiliki oleh media ini, bahkan untuk mempengaruhi serta menciptakan gaya berbusana di sebuah negara, sangatlah mungkin.

Pada diri saya sebagai penulis, jelas gaya berpakaian kebarat-baratan seperti dari Amerika mempengaruhi sedikit banyaknya diri saya dalam menentukan gaya berpakaian. Contohnya adalah ketika saya disuguhi dengan berita trend fashion celana jeans di Amerika, hal ini akan sangat menjadi pertimbangan saya untuk juga menggunakan dan mengikuti trend tersebut, agar tidak ketinggalan zaman, dan berpenampilan mengikuti kebanyakan orang juga pastinya agar bisa diakui agar diri terlihat berkembang lebih baik.  

Pada intinya cara kita berpakaian, sebenarnya tidak begitu berpengaruh kepada baik atau tidaknya diri kita, tetapi diri kita sendirilah yang menentukan siapa kita, melalui perlaku dan karya yang mampu kita buat dan tunjukan, dari hal itulah pakaian hanya sebagai pendamping untik mendukung diri kita yang sebenarnya.

Tetap menjadi diri sendiri, dengan tunjukan siapa dirimu dan pastinya disertai sedikit sentuhan indahnya tampilanmu  

VIDEO PILIHAN