Mohon tunggu...
Skolastika Natasya
Skolastika Natasya Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

mahasiswa semester 5

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Clickbait Jadi Tameng untuk Ekonomi Perusahaan Tribun Media

25 Oktober 2020   15:31 Diperbarui: 25 Oktober 2020   15:36 1281
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Persaingan dalam berbisinis memang terjadi, terlebih di era serba online membuat persaingan antar perusahaan semakin meningkat. Termasuk perusahaan media yang ikut bersaing di era digital, persaingan yang terjadi di media digital difokuskan pada memperebutkan banyak khalayak sehingga dapat memperoleh sebuah iklan untuk mempertahankan perusahaan media (Luhur, 2019).  

Salah satu upaya yang dilakukan oleh media online dalam bersaing dengan media lainnya adalah kecepatan penyampaian sebuah berita atau informasi kepada masyarakat luas. Persaingan kecepatan dalam penyampaian berita atau informasi memicu berita online yang disajikan menjadi tidak akurat.

Upaya lain yang dilakukan adalah penulisan judul, jurnalis dituntut untuk memberikan sebuah judul menarik yang dapat menarik perhatian banyak orang untuk mengunjungi situs berita tersebut. Semakin menarik sebuah judul berita dan pengunjung yang datang, membuat media tersebut mendapatkan iklan yang akan menjadi pemasukan sehingga perusahaan media dapat bertahan dengan para pesaing.

Media online yang menggunakan strategi jurnalisme dengan penggunaan penulisan judul berita untuk mempertahankan ekonomi perusahaan media adalah Tribunnews. Tribunnews merupakan salah satu anak media dari perusahaan Kompas-Gramedia, yang terbentuk pada 22 Maret 2010. Tribun menjadi media online realtime yang lebih singkat dan update mengenai berita-berita nasional, internasional, ekonomi hingga lifestyle.

Tribunnews bekerja sama dengan perusahaan penghitungan statik media online untuk mengetahui perkembangan dari para pengguna internet yang mengunjungi situs berita Tribunnews dan ingin mengetahui bagaimana respon dari para pengunjung mengenai berita yang disampaikan oleh Tribun.

Penggunaan penulisan judul berita oleh Tribunnews berhasil menarik perhatian banyak masyarakat untuk membuka dan membaca isi berita milik Tribunnews, berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Alexa.com bahwa grafik pengunjung portal berita Tribunnews meningkat drastis dalam waktu seminggu dan berhasil mengalahkan portal berita lainnya.

Strategi penggunaan penulisan judul berita yang dilakukan oleh tim redaksi Tribunnews dengan memasukkan kata-kata sensasional kedalam judul berita sehingga memicu rating berita meningkat. Strategi ini dilakukan oleh Tribunnews guna mengejar kunjungan pengguna internet ke halaman situs atau disebut sebagai trafik, sehingga data tersebut dapat ditawarkan kepada pengiklan untuk memperoleh penghasilan.

Jurnalis Tribunnews dituntut untuk membuat judul yang bersifat dramatis, rahasia, unik, menonjolkan konteks dan sedikit memberikan sensasional agar dapat menarik. Sehingga seringkali jurnalis Tribunnews melakukan pengabaian esensi dari media yaitu dengan menyampaikan berita yang informatif dan tepat.

Tidak hanya Tribunnews yang menggunakan strategi penulisan judul berita sensasional, cabang dari tribunnews juga melakukan hal serupa adalah TribunSolo.com dan Tribun Medan.

TribunSolo,com merupakan portal berita yang masih menjadi satu dengan tribunnews, TribunSolo.com mulai beroperasi pada tanggal 4 April 2016. Konten yang disajikan oleh TribunSolo serupa dengan konten yang berada di tribunnews hanya mendapatkan tambahan konten berita mengenai informasi terbaru di daerah se-Soloraya dan sekitarnya (Syahida,2018).

Foto: solo.tribunnews.com
Foto: solo.tribunnews.com
TribunSolo memiliki target pengunjung setiap harinya, target yang diberikan adalah 2115 klik perhari atau rata-rata 200.000 visitor setiap harinya yang mengunjungi situs berita TribunSolo.com. Hal ini menunjukan bahwa jurnalisme dituntut untuk membuat sebuah konten isu yang menarik dan kreatif untuk dibagikan melalui media sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun