Mohon tunggu...
Tasya eka
Tasya eka Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

melukis

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Keindahan yang Ada di Puncak Andong

5 Maret 2023   02:25 Diperbarui: 5 Maret 2023   06:10 486
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
 Sumber : Dokumentasi Pribadi

"Hai teman-teman.........."

 Waktu itu aku mendaki di salah satu Gunung yang ada di daerah Magelang yaitu Gunung Andong.Gunung Andong ini terletak di 3 perbatas yaitu Magelang, Semarang, dan Salatiga. Secara administrative alamat Gunung Andong berada di Dusun Sawit, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Gunung Andong ini memiliki 3 jalur pendakian yaitu via Sawit, via Pendem dan via Gogik dengan ketinggian 1.726 mdpl. Gunung Andong ini sangat cocok loh untuk pemula yang ingin mendaki.

Kenapa aku memilih mendaki di Gunung Andong ? 

Karena Gunung Andong memiliki keindahannya tersendiri dan salah satu gunung yang banyak diminati pendaki untuk menghabiskan waktu di akhir pekan dan dapat menikmati keidahan matahari terbit.

Aku mendaki Gunung Andong melewati jalur pendakian via Sawit. Untuk tarif mendaki Gunung Andong di kenakan sebesar 20.000 perorang sudah termasuk uang parkir. Sebelum mendaki aku mengecek ulang barang bawaanku di basecamp, dirasa semua sudah aman aku melanjutkan perjalan untuk mendaki. Untuk menuju Gunung Andong aku harus berjalan kaki terlebih dahulu dari basecamp kurang lebih sekitar 15 menit, setelah itu kita sampai di gerbang pendakian via Sawit.

Untuk menuju pos 1 kita harus melewati anak tangga yang cukup banyak dengan di kelilingi pohon pinus, setelah melewati anak tangga aku melewati jalan setapak di jalur ini di bagi 2 jalur yaitu jalur lama dan jalur baru tapi aku melewati jalur lama. 

Setelah beberapa menit kemudian aku sampai di pos 1 kemuning dan untuk menuju pos 2 dewa ndaru tinggal jalan kaki sedikit saja. Di setiap pos terdapat seperti gasebo untuk istirahat dan ada yang terdapat toilet juga. 

Melanjutkan perjalanan menuju pos 2 watu wayang aku melewati mata air yang ada di gunung adong tersebut. Trek untuk menuju ke pos 2 watu wayang sangat mudah karena sekarang warga membuatkan jalur dengan menata bebatuan seperti anak tangga setelah melewati trek tersebut akhirnya sampai juga di pos 2 watu wayang, aku pun istirahat sebentar dan melihat pemandang di sekitar.

Setelah melewati pos 2 watu wayang akhirnya aku sampai di puncak jiwa, di puncak jiwa ini di jadikan pendaki untuk camp. Waktu yang aku butuhkan untuk mendaki gunung andong kurang lebih 2 jam. 

Dari atas puncak ini aku jalan menuju puncak Andong untuk melihat pemandangan yang lebih indah lagi, jika mendaki lebih awal sebelum matahari terbit dan cuaca cerah kita dapat melihat matahari terbit dengan warna merah keemsan yang indah atau sering di sebut Golden Sunrise.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun