Mohon tunggu...
Tasya aprilia
Tasya aprilia Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN UPI Kelompok 101 Cimenyan Gelar Kegiatan Sosialisasi Mengenai Nutrisi dan Menyusun Menu Makan di TK Karya Cendikia

9 Agustus 2022   08:29 Diperbarui: 3 September 2022   08:14 102 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sedang melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata). KKN yang dilaksanakan disesuaikan dengan domisili mahasiswa tinggal. Sehingga KKN yang dilakukan berdekatan dengan rumah. Kelompok KKN 101 terbagi menjadi beberapa kelompok kecil yang tersebar di Cimenyan,Ciburial, Giri Mekar dan Cijambe. Tema yang diperoleh kelompok yakni "Desa Sehat dan Sejahtera". Untuk kelompok kecil yakni Kelompok 101 Cimenyan mengangkat program dengan Judul 

"Mewujudkan Desa Sehat dengan pembiasaan Olahraga dan menjaga Asupan Nutrisi Seimbang".  Yang kemudian dikembangkan menjadi beberapa program. Salah satu nya yakni "Kegiatan sosialisasi mengenai menyusun menu makanan yang baik bagi anak usia dini" . Sasaran dalam sosialisasi ini yakni untuk para orang tua murid yang tujuannya dapat mengurangi bekal berupa makanan ringan(ciki) atau permen. Harapan setelah mengikuti kegiatan sosialisasi ini orang tua sadar akan pentingnya asupan nutrisi bagi anak. Serta mengetahui manfaat dan dampak dari makanan terutama bagi anak usia dini. Kepala sekolah Tk Karya Cendikia juga memberitahu bahwa masih ada orang tua yang memberikan bekal makan tidak sesuai dengan makanan yang harus dibawa anak kesekolah. Hal tersebut mungkin terdapat banyak kendala atau latar belakang permasalahan anak yang berbeda. Entah karna orang tua yang sibuk atau orang tua yang tidak mau ribet. Nah sehingga diharapakan kehadiran mahasiswa  KKN ini terutama dengan mengangkat kegiatan tersebut dapat memecahkan masalah yang ada di sekolah.

dok. pribadi
dok. pribadi

Pada Jumat (22/07/2022) Agenda kegiatan sosialisasi mengenai nutrisi dan menu makanan dilaksanakan di TK Karya Cendikia, hal ini mendapat respon baik dari orang tua , antusias terjalin dalam menyimak maupun bertanya mengenai menu makanan yang sehat. Selain itu kami juga mengedukasi pemanfaatan buah dan sayur yang dimiliki di sekitar. Karena di daerah Cimenyan khususnya Mekarsaluyu bertempat di daerah Pegunungan. Sehingga masyarakat sekitar tidak asing dengan kebun sayur maupun buah.  Maka pemanfaatan sayur dan buah yang ada dapat dilakukan untuk menjadi olahan makanan yang sehat dan bergizi. Dalam kegiatan sosialisasi juga, kami para mahasiwa menayangkan beberapa cuplikan foto menyusun menu makanan yang baik serta menarik bagi anak. Hal ini diharapkan orang tua murid dapat meniru serta memberikan motivasi bagi orang tua agar dapat melakukan sebuah inovasi baru untuk menyusun menu makanan bagi anak. 

dok. pribadi
dok. pribadi

Beberapa hari setelah kegiatan sosialisasi yang dilakukan mahasiswa KKN , kepala sekolah Tk Karya Cendikia serta guru-guru memberikan respon bahwa hasil kegiatan sosialisasi yang dilakukan memberikan dampak serta manfaat  yang baik bagi orang tua serta terlihat secara jelas bahwa orang tua mulai sadar akan pentingnya asupan makanan yang baik bagi anak usia dini.  "Setelah dilakukan sosialisasi guru-guru memberikan respon bahwa mereka senang karena mulai melihat bahwa sudah mulai berkurang orang tua yang memberikan makanan ringan atau permen di tas anak. Sekarang tas anak-anak isinya bekal makanan yang sesuai dengan jadwal sekolah dan menarik menarik sekali olahan makanan yang dibuat bunda nya untuk bekal anak. Selain itu anak-anaknya juga terlihat happy dengan bekal yang dibawa. Semoga hal ini dapat dilakukan orang tua hingga seterusnya."

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan