Mohon tunggu...
TASHA NABILA
TASHA NABILA Mohon Tunggu... Mahasiswa - HELLO

My Future

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Media Pembelajaran Phet Realistis dalam Pembelajaran Materi Pecahan Kelas 3

25 Juli 2021   08:12 Diperbarui: 25 Juli 2021   08:19 48 1 0 Mohon Tunggu...

KKN Tematik UPI berbasis daring merupakan kegiatan untuk seluruh mahasiswa UPI melakukan program KKN secara daring dengan cara membantu terhadap segala kegiatan di bidang pendidikan dan ekonomi. 

Dalam bidang pendidikan, mahasiswa melaksanakan kegiatan pengabdian ke sekolah-sekolah terdekat dengan membantu para guru melaksanakan proses pembelajaran dan sistem pendukung pembelajaran lainnya. 

Dalam kondisi pandemi saat ini, pembelajaran yang awalnya dilaksanakan di sekolah berubah menjadi belajar dari rumah. Maka dengan kondisi tersebut setiap guru harus menemukan solusi yang tepat untuk dapat mempertahankan semangat belajar siswa.

Untuk membangkitkan semangat siswa dalam belajar, maka salah satunya ialah guru harus mampu mengelola media pembelajaran secara baik. Menurut Sadiman (2008) media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi dan dapat digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran. 

Media pembelajaran merupakan seperangkat pembelajaran yang diguanakan untuk menyalurkan pesan, bahan materi pembelajaran, sehingga dapat merangsang perhatian, minat dan perasaan siswa dalam aktifitas pembelajaran untuk memcapai tujuan tertentu. Dengan adanya media pembelajaran kegiatan belajar mengajar akan mejadi lebih efektif dan kreatif bagi guru dan siswa. 

Media berasal dari Bahasa latin dan merupakan bentuk jemuk dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar.  Menurut Vemon S. Gerlach dan dinald P. Ely (dalam Musfiqon, 2012 :26) pengertian media terdapat dua macam, yaitu arti sempit dan arti luas. Arti sempit media adalah berwujud grafik, foto, alat mekanik dan elektronuk yang digunakan untuk menangkap, memproses, serta menyampaikan informasi.

Tasha Nabila, mahasiswa Prodi PGSD di Universitas Pendidikan Indonesia Jurusan PGSD. Tema kegiatan KKN saya ialah "Optimalisasi Persiapan Pembelajaran Secara Daring di Sekolah Dasar El Fitra."  Selama melaksanakan KKN dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Muh. Husen Arifin, M.Pd.  saya melaksanakan kegiatan di sekolah Dasar El Fitra di kelas 3 dengan wali kelas Bernama bu Sri Rahayu, beserta 23 peserta didik. 

Dalam melaksanakan KKN Daring, saya mengikuti kegiatan yang biasa dilaksanakan di SD El Fitra. Salah satunya ialah kegiatan KKG. Pada saat kegiatan KKG kami melaksanakan brain stroming terkait media pembelajaran apa yang cocok digunakan saat pembelajaran daring di masa covid 19 khusus pada materi Matematika. Hingga kami menemukan sebuah platform kegiatan belajar berbasis game yakni media Phet. Media Phet merupakan media belajar gratis yang dapat digunakan secara gratis oleh semua kalangan dari mulai tingkat dasar, menengah, dan tinggi.

Dokpri
Dokpri

Media Phet merupakan media interaktif, sehingga siswa dapat melaksanakan kegiatan eksprerimen didesain sebagai media game. Dari hal tersebut, kami meninjau materi mana yang sesuai antara di media Phet dengan bahan materi ajar yang ada di kelas 3. Setelah mencari kami menemukan media Phet basis game dengan materi ajar pecahan sederhana. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN