Mohon tunggu...
Tarsini Wahyu
Tarsini Wahyu Mohon Tunggu... Guru - Guru Produktif Pemasaran di SMK Negeri 1 Karanganyar

saya seorang guru yang hobi menulis dan membuat media pembelajaran yang kreatif dan inovatif

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Model Pembelajaran Based Learning Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Membuat Media Promosi

5 Desember 2022   22:11 Diperbarui: 5 Desember 2022   22:16 344
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pemasaran merupakan suatu proses dan manajerial yang membuat individu atau kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai kepada pihak lain. Segala kegiatan yang menyangkut penyampaian produk atau jasa mulaiprodusen sampai konsumen dapat dimasukan sebagai bentuk pemasaranSebagian orang menganggap bahwa promosi dan pemasaran mempunyaipengertian yang sama, padahal sebenarnya promosi hanya merupakan salah satubagian dari kegiatan pemasaran. Walaupun promosi sering dihubungkan dengan penjualan tetapi kenyataannya promosi mempunyai arti yang lebih luas dari penjualan karena penjualan hanya berhubungan dengan pertukaran hak milik yang dilakukan oleh tenaga penjual, sedangkan promosi adalah setiap aktivitas yang ditujukan untuk memberitahukan, membujuk atau mempengaruhi konsumenuntuk tetap menggunakan produk yang dihasilkan perusahaan tersebut

Pada hakikatnya promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran. Komunikasi  pemasaran adalah segala bentuk aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk/persuading , dan/atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahan yangbersangkutan.

Kegiatan promosi bisa dilakukan dengan banyak cara, yaitu dengan
menggunakan media-media seperti media sosial, media website, media
elektronik, dan media cetak. Kegiatan promosi akan dapat berjalan efektif
dan lancar jika kegiatan promosi menggunakan seluruh dari media promosi
tersebut. Salah satu alat komunikasi untuk menunjang promosi perusahaan
yaitu dengan menggunakan media iklan. Media iklan merupakan suatu
kegiatan promosi yang mempunyai pengaruh kuat terhadap pembentukan
sikap konsumen atas produk yang ditawarkan. Periklanan merupakan sarana
komunikasi dalam perdagangan yang dapat menarik banyak calon pembeli
dengan biaya relatife rendah dan waktu yang lebih singkat.

Promosi merupakan kompetensi yang harus di kuasai
siswa SMK khususnya pada jurusan Pemasaran.  Namun kenyataannya masih banyak di jumpai di dunia kerja para karyawan lulusan SMK sangat lemah dalam hal melakukan promosi, hal ini disebabkan karena mereka kurang menguasi materi yang akan di sampaikan dan kurangnya latihan yang dilakukan oleh siswa yang mengaca pada kegiatan promosi.Sebagai guru mata pelajaran Produk Kreatif dan Pemasaran, dalam menyampaikan materi pembelajaran sering mengalami kendala apabila tidak di dukung oleh alat dan sarana yang memadai , hal tersebut pernah saya alami ketika harus mengajarkan materi promosi  bisnis dalam melakukan penawaran produk, dengan tidak menggunakan alat dan media apapun yang mengakibatkan hasil pembelajaran siswa kurang pada materi promosi karena memang anak hanya bisa melakukan komunikasi secara monoton tanpa mengetahui produk yang di tawarkan , jadi kemampuan promosi siswa sangat minim sekali sehingga berpengaruh terhadap kecakapan dalam melakukan kegiatan promosi kepada pelanggan hal inidimungkinkan dapat menjadi kendala siswa ketika hendak memasuki Dunia Industri atau dunia kerja maupun ketika siswa membuka usaha secara mandiri.

Alasan Pemilihan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan siswa membuat media pembelajaran

Project Based Learning merupakan model pembelajaran yang menggunakan proyek/ kegiatan sebagai media dan beraktifitas langsung secara nyata. Keuntungan penerapan pembelajaran Project Based Learning antara lain; 1) Meningkatkan motivasi belajar pesertadidik untuk belajar, mendorong kemampuan mereka untuk melakukan pekerjaan penting, dan mereka perlu untuk dihargai, 2) Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, 3) Membuat siswa menjadi lebih aktif dan berhasil memecahkan problem- problem yang kompleks, 4) Meningkatkan kolaborasi, 5) Mendorong siswa untuk mengembangkan dan mempraktikkan keterampilan komunikasi, 6) Meningkatkan keterampilan siswa dalam mengelola sumber, 7) Memberikan pengalaman kepada siswa pembelajaran dan praktik dalam mengorganisasi proyek, dan membuat alokasi waktu dan sumber-sumber lain seperti perlengkapan untuk menyelesaikan tugas, 8) Menyediakan pengalaman belajar yang melibatkan siswa secara kompleks dan dirancang untuk berkembang sesuai dunia nyata, 9) Melibatkan para siswa untuk belajar mengambil informasi dan menunjukkan pengetahuan yang dimiliki, kemudian diimplementasikan dengan dunia nyata, 10) Membuat suasana belajar menjadi menyenangkan.

Selain fungsi-fungsi tersebut alasan pemilihan Project Based Learning adalah pembelajaran berbasis project dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembuatan media promosi sehingga dapat membantu siswa agar lebih mudah dalam mengikuti pembelajaran dalam melakukan latihan presentasi penawaran produk. karena di media promosi tersebut  terdapat informasi mengenai produk sehingga dapat dijadikan siswa sebagai media promosi produk kepada pelanggan

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun