Mohon tunggu...
Tarisha Andhera
Tarisha Andhera Mohon Tunggu... Pelajar

saya 🙋

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Sudahkah Mandi dengan Benar? Inilah Hal yang Tidak Banyak Orang Tahu

3 Maret 2021   15:59 Diperbarui: 3 Maret 2021   16:12 33 0 0 Mohon Tunggu...

Mandi merupakan salah satu rutinitas setiap hari untuk membersihkan diri apalagi disaat pandemi virus covid-19 ini. Kebanyakan orang mandi dengan langsung mengguyur seluruh badan dari atas lalu ke bawah. Padahal kebiasaan seperti ini dapat merugikan badan, terutama pada masalah kesehatan seperti masuk angin dan influenza. 

Mandi dengan cara seperti ini akan menyebabkan hawa panas di dalam tubuh terperangkap di dalam dan akan menyebabkan keseimbangan hawa dalam tubuh menjadi terganggu.


Lalu bagaimana caranya mandi yang benar? Berikut ini merupakan urutan mandi yang benar yang dapat membantu meningkatkan kesehatan anda.


1.Pertama siram air dari ujung kaki sampai ke lutut
2.Lalu dilanjut dari lutut ke daerah perut
3.Dan dari perut lanjutkan siram sampai ke bagian bahu
4.Jika ingin keramas, tunggu sekitar 5 detik lalu siram bagian kepala. Disaat itu kita akan merasakan seperti uap/angin keluar dari ubun-ubun, setelah itu lanjutkan mandi seperti biasa.


Memulai mandi dari bagian bawah dimaksudkan agar hawa panas di dalam tubuh akan terangkat ke bagian atas tubuh dan akhirnya akan keluar melalui lubang-lubang (rongga) bagian atas seperti hidung, telinga, dan mulut.


Cara mandi seperti ini juga diajarkan oleh Rasulullah SAW. Ketika beliau mandi, selalu diawali dari bagian kaki (bawah) lalu ke bagian kepala (atas). Ini adalah sebuah adaptasi agar tubuh tidak kaget ketika bersentuhan dengan air (dingin).


Bila kegiatan mandi secara berurutan ini dilakukan secara konsisten. Maka kira-kira dalam waktu dua sampai tiga bulan anda akan merasakan manfaatnya. Badan akan terasa segar dan ringan juga akan terhindar dari masuk angin dan influenza.

SUMBER : https://rinaldimunir-wordpress-com.cdn.ampproject.org/v/s/rinaldimunir.wordpress.com/2016/09/27/rasulullah-sudah-mengajarkan-cara-mandi-yang-bnear-dan-sehat/amp/?

https://m.liputan6.com/citizen6/read/2142580/begini-loh-cara-mandi-yang-lebih-menyehatkan

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x