Tareq Albana
Tareq Albana mahasiswa

Mahasiswa Universitas Al-Azhar, Mesir. Jurusan Islamic Theology. Bekerja sebagai Reporter dan Penyiar Radio PPI Dunia dan sebagai Founder Ikatan Pelajar Minang Internasional, Founder Komunitas Sepeda ASEAN "GOWES KAIRO" di Kairo Dan Anggota Forum Mahasiswa Internasional.

Selanjutnya

Tutup

Muda Artikel Utama

7 Hal Positif yang Akan Kamu Dapatkan Jika Merantau ke Luar Negeri

19 Maret 2017   02:05 Diperbarui: 19 Maret 2017   09:33 1597 6 1
7 Hal Positif yang Akan Kamu Dapatkan Jika Merantau ke Luar Negeri
7 Hal Positif yang Akan Kamu Dapatkan Jika Merantau ke Luar Negeri!

Merantau memang sudah menjadi tradisi rakyat Indonesia, apalagi sebagian daerah sudah menjadikan merantau sebagai budaya khas daerah itu, sebut saja Sumatra Barat atau negeri Minangkabau yang sangat terkenal akan budaya rantau nya, sampai sampai ada film yang berjudul MERANTAU, tapi disini kita tidak akan membahas tentang film itu, namun kita akan melihat bagaimana merantau itu sebenarnya.

Merantau bukan lah hal yang mudah, karena pindah ke daerah yang baru itu memang butuh perjuangan, mulai dari beradaptasi dengan lingkungan baru, orang baru bhkan Bahasa dan budaya yang baru juga, seperti saya yang merantau nun jauh ke negeri arab sana. Untuk beradaptasi itu lah membutuh kan banyak energy, kadang hal yang biasa kita lakukan di kampong kita, menjadi hal aneh dan tabu bagi masyarakat baru kita di rantau. So kalau kamu memang anak rantau, pasti pernah merasakan bagaimana sulitnya ketika baru pergi merantau bukan?

Memang itulah yang dirasakn oleh para perantau di seluruh negeri, mereka meninggalkan kampung halaman untuk menimba ilmu, mencari rezki dan berbagai urusan lainya, dan jika ditanyakan kepada orang orang itu, apakah saat pertama kali merantau kalian merasakan kesedihan, of course pasti semuanya menjawab sedih, namun jika ditanya apakah kalian beruntung pergi merantau? Saya jamin kebanyakan orang akan menjawab “iya saya beruntung”.

Kenapa kita pergi merantau dikatakan beruntung? padahal merantau itu kan tidak enak, jauh dari orang tua, kalua ada masalah tidak ada keluarga yang akan membantu di rantau, ah itu semua hanya lah alasan bagi orang orang yang takut untuk merantau, takut untuk keluar dari zona nyaman mereka di kampong halaman. Banyak para perantau mengaku bahwa mereka banyak mendapatan ilmu ketika pergi merantau dan mereka merasa sangat beruntung! Apa saja keuntungan yang didapat ketika kita pergi merantau?

Apalagi jika kamu merantau ke luar negeri untuk kuliah ataupun kerja, tantangan kamu akan lebih dahsyat lagi jika dibandingkan jika kamu merantau di dalam negeri, namun ilmu dan wawasan kebudayaan kamu akan lebih luas karena kamu melihat beragam budaya nun jauh disana.

Merantau ke luar negeri juga bukanlah hal yang baru bagi bangsa kita, Orang Indonesia sudah dikenal sebagai bangsa pelayar dan perantau sejak zaman kekuasaan majapahit hingga sekarang, tak heran, hampir terdapat orang Indonesia di pelosok dunia.

Nah simak 7 hal positif yang akan kamu dapatkan jika kamu merantau ke luar negeri!

Kamu akan memiliki lebih banyak teman.

Keluar dari kampung halaman akan membuat kita menjadi asing di negeri rantau, maka kita harus mencari teman setiba nya dirantau, dengan mencari teman di rantau akan menambah jumlah teman kita dan tentunya akan sangat membantu kita dalam bertahan hidup di rantau. Serta kamu tidak hanya berteman dengan orang yang sama negeri asal, melain kan dengan orang yang berasal dari bangsa dan negara yang berbeda.

Saya Bersama seorang sahabat yang berasal dari Turki
Saya Bersama seorang sahabat yang berasal dari Turki

Kamu akan menjadi orang yang mandiri.

Tentu saja, kenapa? Karena kamu hidup di rantau tanpa abang, kakak, ayah ataupun ibu. Kamu harus melakukan segala sesuatunya sendiri, mulai dari memasak, mencuci, bersih bersih dan segala hal yang lain. Ini sangat berbeda jika kamu hidup di kampong halaman yang segala nya serba dilakukan oleh ibu atau pun saudara kita yang lainya. Tentu hal ini akan mengurangi kemandirian kita, so kamu pasti merasa lebih mandiri ketika berada di rantau bukan? tentu saja jika hidup di rantau jauh lebih mahal.

Apalagi bagi kamu yang pergi merantau kuliah tanpa beasiswa dari pemerintah, tentu kamu akan bekerja diluar negri untuk mempertahankan study mu diluar negri, hal inilah yang akan membuat kamu bermental baja serta siap untuk menghadapi dunia kerja kelak dimasa depan.

Kamu Belajar Untuk Beradaptasi

Beradaptasi dengan lingkungan yang baru sangat lah sulit, butuh skill dan kemampuan yang tinggi untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru, apalagi jika kita merantau nya ke luar negeri, tentu akan lebih sulit lagi, namun dengan kesulitan itu pulalah yang menjadikan kita kuat dan bermental baja. Contoh nya saja jika kamu merantau ke Eropa atau Timur Tengah, kamu akan dipaksa untuk hidup dengan cuaca ekstrem dengan 4 musim yang sangat berbeda dengan Indonesia.


kamu bakal memiliki teman dari seluruh penjuru dunia!
kamu bakal memiliki teman dari seluruh penjuru dunia!

Kamu akan belajar cara bertahan hidup

Ya , setiap perantau akan merasakan bagaimana susah nya bertahan hidup di daerah baru , jika biasanya kita di kampong halaman  hidup dengan orang tua, kita akan lebih mudah menyerah dalam berbagai hal ,karena kita tahu ada orang tua yang akan membantu kita, namun jika kita hidup dirantau, siapa yang akan membantu kita? Tidak ada, itulah mengapa skill bertahan hidup kamu akan terasah di rantau. Serta kamu akan selalu untuk tidak menyerah terhadap keadaan.

Kamu akan lebih mencintai negara asal mu.

Biasa nya kamu hidup di kampong halaman kamu tidak memiliki rasa bangga terhadap daerah mu, percayalah kelak ketika kamu di rantau kamu akan sangat mencintai daerah asal mu, jika kamu di rantau bertemu dengan orang yang berasal dari daerah yang sama dengan kamu, walaupun kamu tidak mengenalnya, tapi percayalah kamu akan menganggap orang itu sebagai saudara kamu sendiri. Hanya orang rantau lah yang mengerti betapa berharga nya kampong halaman!

Kamu akan lebih rendah hati.

Kalau kamu biasa nya sombong dengan kedudukan orang tua kamu di kampung, percayalah di rantau kamu tidak akan bisa sombong dengan jabatan orang tua kamu, karena tentu orang di rantau tidak akan mengenal orang tua kita, Karena orang tua kita terkenal nya hanya di kampong, bukan di rantau, ini lah yang membuat sifat arogan mu menjadi hilang, dan kamu akan menjadi orang yang lebih rendah hati dan bisa menghargai orang lain. Karena kamu pernah merasakan hidup susah di negeri orang, kamu pun akan lebih bijaksana serta lebih rendah hati karena kamu menyadari bahwa “saya dulu pernah susah”

Kamu memiliki kemampuan manajemen keuangan yang baik

Ketika di rantau kamu akan mendapatkan kiriman dari kampung bukan, jadi kamu harus pandai pandai mengatur keuangan agar kamu bisa bertahan hidup sampai akhir bulan. Kalua kamu tidak memiliki kemampuan manajemen yang baik, maka uang kamu akan habis lebih awal dan kamu akan makan apa samapi kiriman selanjutnya datang? Oleh karena itulah para perantau buiasanya memiliki kemampuan manajemn yang baik dalam berbagai hal. Apalagi jika kamu tidak mendapatkan kiriman dari orang tua sama sekali, hal ini akan membuat kamu memutar otak untuk menghasilkan uang tambahan.

7 hal positif ini hanya akan didapatkan oleh orang yang berani untuk merantau keluar negri, so bagi kamu yang punya niat dan kemauan untuk mencoba hidup di luar negeri, ayo selalu berusaha dan berdoa supaya keinginan kamu itu terwujud.

Ibarat kata Imam Syafii R.A bahwa Singa yang tak keluar kandang tak akan pernah memangsa, dan anak panah yang tak lepas dari busur nya tak akan pernah melukai dan air yang tak  mengalir tidak akan pernah bisa menjadi jernih.

Imam Syafii menyadari akan penting nya merantau, oleh sebab itu beliau selalu menyemangati murid nya dengan kata-kata diatas.

sekianlah dari saya, mohon maaf jika ada kesalahan.

salam perantau!

Tareq Al Bana dari negeri seribu menara, Kairo-Mesir.