Mohon tunggu...
Tareq Albana
Tareq Albana Mohon Tunggu... Mahasiswa

Nominee of Best Citizen Journalism Kompasiana Awards 2019. || Mahasiswa Universitas Al-Azhar, Mesir. Jurusan Hadits dan Ilmu Hadits.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Meriah, Mahasiswa Jakarta di Kairo Adakan Kontes Abang None 2019

23 Oktober 2019   17:56 Diperbarui: 23 Oktober 2019   18:00 158 0 0 Mohon Tunggu...
Meriah, Mahasiswa Jakarta di Kairo Adakan Kontes Abang None 2019
Kontestan Abang None di Kairo (Dokpri)

Kabar gembira datang dari Mahasiswa Jakarta di Kairo, mereka yang tergabung didalam Keluarga Pelajar Jakarta (KPJ Mesir) ini menghelat Jakarta Event vol. 10 pada Minggu, 20 oktober 2019 lalu. Acara yang merupakan rentetan acara akbar tahunan mahasiswa KPJ ini diawali dengan Kontes Abang None yang diadakan di Wisma KPJ, Nasr City, Kota Kairo.

Rangkaian acara ini dibuka dengan kontes Abang None 2019, yang merupakan kontes pemilihan Duta Betawi di Kairo. Acara ini dibuka oleh sambutan dari ketua Panitia Jakarta Event X, Muchlas yang menyatakan bahwa Abang None merupakan ikon untuk warga jakarta dari Suku Betawi. Ia juga mengajak mahasiswa untuk mengenal dan melestarikan budaya ini agar generasi muda Jakarta tidak melupakan tradisi kebanggaan orang Betawi.

Kontes Abang None ini diikuti oleh beberapa mahasiswa dari berbagai wilayah di Jakarta, yakni: Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Bara dan Jakara Timur.dan dihadiri oleh puluhan warga Jakara, tak ketinggalan ada beberapa Warga Mesir yang ikut menyaksikan.

Para Kontestan akan diuji dengan beberapa pertanyaan kebudayaan dan wawasan seputar Betawi dan kejakartaan, tak hanya itu, para Kontestan juga akan diuji pendapat dan argumennya terhadap hal-hal mengenai Jakarta, termasuk bagaimana pandangan para kontestan terhadap Jakarta 5 tahun kedepan.

Kontestan Abang None Asal Jakarta Barat (dokpri)
Kontestan Abang None Asal Jakarta Barat (dokpri)
Selanjutnya Peserta juga akan ditanyai bagaimana strategi dan langkah mereka dalam memperkenalkan kuliner khas Betawi di luar negeri. Semua pertanyaan itu diajukan dan dinilai oleh para Juri secara lansung. Selain menguji wawasan dan argumen, para juri juga menguji kedirian para kontestan, karena untuk menjadi Abang None Jakarta di Mesir tidak hanya mengandalkan otak semata, melainkan juga kekuatan karakter dan kualita diri para kontestan.

Apalagi mereka akan menjadi Duta Betawi di Kairo, banyak tugas dan kesempatan yang harus mereka gunakan agar bisa memperkenalkan Betawi tidak hanya kepada Indonesia, melainkan juga kepada Dunia.

Setelah Kompetisi Abang None, acara dilanjutkan dengan Talent Show, dimana para kontestan diminta menampilkan keahlian mereka dalam bidang Seni dan Musik, salah satunya Cover Lagu yang dilakukanoleh Kontestan Abang None dari Jakarta Timur.

Acara perdana dalam rangkaian Jakarta Event vol.10 ini ditutup dengan doa dan berfoto bersama. Acara Puncak Jakarta Event akan dilaksanakan pada tangga 26 Oktober mendatang dan diharapkan menjadi ajang pengenalan budaya Betawi dan Jakarta kepada publik Internasional yang ada di Mesir.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x