Mohon tunggu...
Tareq Albana
Tareq Albana Mohon Tunggu... Mahasiswa

Nominee of Best Citizen Journalism Kompasiana Awards 2019. || Mahasiswa Universitas Al-Azhar, Mesir. Jurusan Hadits dan Ilmu Hadits.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

5 Cara Mahasiswa Indonesia di Mesir Habiskan Libur Panjang

18 Juli 2019   17:24 Diperbarui: 19 Juli 2019   15:16 0 3 0 Mohon Tunggu...
5 Cara Mahasiswa Indonesia di Mesir Habiskan Libur Panjang
Mahasiswa Indonesia di Mesir (Dokumentasi Pribadi)

Awal bulan Juli ini disambut dengan suka cita oleh ribuan mahasiswa Indonesia di Mesir, bagaimana tidak, liburan musim panas sudah tiba!

Selama kurang lebih dua bulan belakangan ini, mahasiswa disibukkan dengan berbagai macam rangkaian ujian yang cukup membuat fisik dan hati mereka menjadi lelah, apalagi di tahun ini Hari Raya Idul Fitri yang begitu sakral dan bermakna bagi mahasiswa Indonesia datang di tengah ujian berlansung. Alhasil mimpi untuk merayakan hari raya di Tanah Air dengan keluarga tercinta menjadi pupus.

Tidak hanya itu, ujian semester genap di Universitas Al-Azhar juga diadakan di musim panas yang kemarin ini, suhu udara sempat mencapai 47 derajat celcius, meleleh memang.

Akan tetapi semua itu sudah berlalu, sekarang liburan sudah menghampiri di depan mata. Liburan musim panas di Mesir biasanya berlangsung hingga 3 bulan lebih lamanya, sangat lama bukan? Sangat setimpal dengan tekanan ujian yang berlansung hampir 2 bulan lamanya.

Akan tetapi pernahkah anda bertanya bagaimana cara mahasiswa Indonesia menghabiskan waktu liburan yg begitu panjang ini?

Perlu diketahui bahwa waktu liburan yang begitu panjang ini menjadi sebuah nikmat yang tak ternilai bagi mahasiswa Indonesia di Mesir. Mereka bisa mengikuti berbagai kegiatan yang mereka minati. Tidak hanya itu, momen liburan ini juga bisa menjadi kesempatan untuk "hibernasi" alias istirahat panjang setelah lelah dengan ujian.

Hibernasi ini bisa mereka isi dengan berbagai kegiatan, tentu saja kegiatan yang bisa dilakukan di atas ranjang atau di dalam rumah. Misalnya seperti membaca buku, menulis atau menambah hafalan Quran, itu contoh mahasiswa yang rajin.

Untuk tipe mahasiswa yang malasnya, mereka bisa saja mengisi liburan dengan tiduran dan bermalas-malasan sambil memainkan game Mobile Legend atau PUBG yang lagi ngetren saat ini. Jangan salah-salah, mahasiswa Mesir sangat jago memainkan dua game ini karena sering latihan (setiap hari), hehe.

Mahasiswa yang mau rajin ataupun yang ingin malas-malasan di liburan ini, itu adalah pilihan mereka, yang jelas mereka tentu memahami konsekuensi dari pilihan mereka tersebut.

Oh iya, Mahasiswa Indonesia di Mesir biasanya disingkat dengan istilah "Masisir", jadi jika Anda membaca istilah "Masisir" di dalam tulisan ini, itu artinya Mahasiswa Indonesia di Mesir.

Nah sekarang penulis mau sharing nih, bagaimana para Masisir menghabiskan waktu liburan mereka? Check this out!

1. Belajar dan Menuntut Ilmu di Berbagai Majlis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN