Mohon tunggu...
Tareq Albana
Tareq Albana Mohon Tunggu... Mahasiswa

Nominee of Best Citizen Journalism Kompasiana Awards 2019. || Mahasiswa Universitas Al-Azhar, Mesir. Jurusan Hadits dan Ilmu Hadits.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Kenapa Peristiwa Hijrah Dijadikan Awal Penghitungan Tahun Islam?

20 September 2017   03:58 Diperbarui: 21 September 2017   00:21 0 7 4 Mohon Tunggu...
Kenapa Peristiwa Hijrah Dijadikan Awal Penghitungan Tahun Islam?
Ilustrasi: Fotolia.com

Selamat tahun Baru Hijriyah, Kullu 'aam Wa antum Bikhair

Itulah kata kata yang sering saya dengar semasa di Pondok Pesantren dulu, ucapan selamat Tahun Baru islam, memang tidak ada Sunnah nya menyebut ini, namun kami gunakan cara ini untuk merasakan euphoria perayaan tahun baru Islam supaya terkesan lebih meriah dan tak kalah dengan euphoria perayaan tahun baru masehi, insya Allah

Sebagai umat islam, tentu sebentar lagi kita akan berbahagia, karena sebentar tahun baru Hijriah 1439 akan datang sebentar lagi. Tahun Baru Hijriah merupakah tahun baru nya umat islam,  tahun yang menjadi momen bagi setiap muslim untuk kembali flashback melihat dan menghayati perjuangan Nabi Muhammad terdahulu dalam menyelamatkan agama islam dan pemeluknya dari siksaan kejam kafir Qurays Di makkah,  tanah air beliau. Kata Hijriyah berasal dari kata Hijrah, yang berarti Tahun hijriyah dihitung mulai dari peristiwa Hijrah.

Kita tentu sudah mengetahui kisah perjalan Hijrah Rasulullah , Hijrah Ke Madinah merupakan satu fase terpenting dalam perkembangan islam. Seharus nya, Tahun Baru Hijriyah dirayakan besar besaran,  sebagai tindakan ekspresif kita mengungkapkan rasa bahagia sebagai mana rasa bahagia Rasul dan para sahabat disambut oleh penduduk madinah dengan syair "Thala'al Badru Alaina" ketika baru memasuki Kota Madinah dan juga peringatan tahun baru Hijriyah ini juga memiliki nilai edukasi dalam rangka memperkenalkan peristiwa penting Hijrah Rasulullah kepada masyarakat untuk menumbuhkan ghirah dan semangat Masyarakat dalam beragama.

Insya allah saya pun optimis, jika Tahun Baru Hijriyah dilaksanakan dengan meriah dengan cara diadakan nya berbagai festival, Lomba, Tabligh Akbar untuk menyambut tahun baru ini,  bisa dipastikan Lama kelamaan semarak nya tahun baru Hijriyah tidak akan kalah dengan Tahun Baru masehi, yang notabene bukan tahun baru umat islam. .

Nah, karena  kita sedang bercerita mengenai Tahun Hijriyah, dan kebetulan juga kita akan memasuki tahun baru Hijriyah yang ke 1439 H, sekarang saya ingin mengajak pembaca yang budiman untuk berdiskusi mengenai awal mula penetapan tahun Hijriyah sebagai sistem penanggalan (Tarikhiyah).

Telah lama timbul pertanyaan di kalangan masyarakat, yaitu kenapa peristiwa Hijrah Nabi Muhammad SAW bersama para sahabat dari Makkah ke Madinah dijadikan awal mula penanggalan dalam kalender umat islam? Apa sebab nya?

Lalu kenapa bukan dimulai saja penanggalan kalender islam ini ketika Nabi Muhammad Lahir? Sebagaimana orang orang Masehi (Nasrani) menjadikan kelahiran nabi Isa AS sebagai awal mula penanggalan tahun Masehi, Atau kenapa bukan dihitung ketika nabi Muhammad diutus menjadi rasul? Kan, ketika nabi Muhammad diutus menjadi Rasul itulah awal mula turun nya syariat terhadap umat, atau kenapa bukan ketika nabi Muhammad SAW wafat saja yang menjadi awal mula penanggalan di dalam islam? Disaat nabi Wafat kan, sudah sempurna ajaran Islam yang diturunkan, lalu Kenapa Harus dihitung dari Hijrah nya rasul?

Banyak memang pertanyaan yang muncul, kelihatan nya hal ini sepele, namun sebagai Muslim yang baik, hendak nya kita mengetahui apa hikmah dari Hijrah ini, sehingga peristiwa Hijrah rasul ini dijadikan sebagai patokan awal penanggalan kalender Islam atau kalender Hijriyah, serta alasan kenapa bukan kelahiran rasul, wafat nya rasul dan diutusnya Nabi Muhammad menjadi Rasul saja yang dihitung sebagai awal penanggalan Kalender Islam.

Alasan Peristiwa Hijrah Menjadi Awal Penanggalan Kalender Islam.

Alasan kenapa tahun baru islam dimulai ketika Hijrah nya Rasul bersama para sahabat, karena pada saat Hijrah itulah mulai Nampak nya keagungan dan kemuliaan Islam yang ditandai dengan dibangun nya Masjid Quba tatkala Rasul baru sampai di Madinah. Berdiri nya Masjid Quba yang merupakan masjid pertama yang dibangun Umat Islam merupakan permulaan dari Keagungan Islam dan Kemerdekaan Umat Islam, Ibaratnya Pendirian Masjid Quba itu seperti Proklamasi kemerdekaan, yang menjadi cikal bakal kebesaran Agama Islam. Lalu setelah itulah umat Muslim baru merasakaan kemerdekaan untuk beribadah kepada Allah dengan perasaan nyaman dan aman untuk Pertama kalinya setelah 13 tahun Islam datang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN