Mohon tunggu...
Tareq Albana
Tareq Albana Mohon Tunggu... Mahasiswa

Pejuang Literasi || Mahasiswa Universitas Al-Azhar, Mesir. Jurusan Islamic Theology || Bekerja sebagai Reporter dan Penyiar Radio PPI Dunia.

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

3 Hal yang Sering Menghalangi Anda untuk Menulis

15 April 2017   00:10 Diperbarui: 15 April 2017   00:44 0 2 0 Mohon Tunggu...
3 Hal yang Sering Menghalangi Anda untuk Menulis
ilustrasi picture by segiempat.com

Bismillahirrahmanirrahim.

Menulis merupakan sesuatu yang mudah”

Saya menjamin, jika anda bertanya ke banyak orang di dunia ini, dengan pertanyaan “apakah anda bisa menulis?” dan saya jamin bahwa sebagian besar jawaban nya adalah “saya bisa menulis” atau barangkali ada yang menjawab “ apakah anda meremehkan saya dengan pertanyaan  seperti itu!?”

Memang menulis merupakan kebiasaan kita yang telah kita pelajari dari kecil, hampir semua orang bisa menulis, tapi hanya sebagian kecil orang yang berani menulis.

Semua orang sudah tahu apa manfaat dari menulis, karena dengan menulislah kita bisa menyebarkan pengetahuan dan memberikan pengaruh nya kepada masyarakat luas.

Menulis jauh lebih efektif dan lebih cepat menyebar dibandingkan dengan pidato ataupun ceramah, tidak hanya itu, semenjak globalisasi mulai memberikan dampak luas kepada masyarakat dunia, para ilmuan dan para pakar militer menyadari bahwa satu senjata bisa membus satu kepala orang saja, namun tulisan bisa menembus ribuan bahkan jutaan orang di seluruh dunia, maka nya tulisan sangat diandalkan oleh para pemimpin dunia untuk memperkuat pengaruh nya di negara tersebut.

Sudah segitu dahsyatnya manfaat menulis, lalu apa yang menghalangi banyak orang untuk memulai menulis? Apakah karena mereka tidak pandai menulis? Saya rasa tidak, karena menulis sudah diajarkan dari kecil,  Lalu apa sebab  nya?

Barangkali beberapa alasan dibawah ini bisa menjawab pertanyaan diatas, berikut 3 hal yang menjadi alasan  kenapa orang susah untuk mulai menulis.

Takut dan Tidak Percaya Diri.

Sepanjang yang saya dengar, Banyak orang yang menyanggah statement bahwa “menulis itu mudah” dan beranggapan bahwa menulis itu merupakan sesuatu yang sulit, butuh bakat dari lahir,  butuh ilmu, butuh kosakata bahasa Indonesia yang benar, pengetahuan EYD, Paragraf sempurna, butuh editor, harus jelaskan tema dan judul, kalimat pembuka, isi penutup dan bla…. Bla…. Bla… bla.. lain nya.

Aturan-aturan dan mitos diatas lah yang membuat mental para penulis pemula atau orang-orang yang baru akan memulai menulis pun menjadi down, takut untuk memulai dan beranggapan kalau sebelum menulis itu, kita harus memahami aturan-aturan dan segala tetek bengek dalam menulis, bahkan ada mitos  yang sangat terkenal  bahwa hanya orang-orang yang punya bakat dari lahir lah yang bisa menjadi penulis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x