Mohon tunggu...
Tantriyota Maryam
Tantriyota Maryam Mohon Tunggu... untuk hidup

just smile

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Ajak Masyarakat Kampung Jurangblimbing RT 04 RW 04 Lakukan Proteksi Luar Dalam dari Bahaya Covid-19

15 Agustus 2020   15:54 Diperbarui: 15 Agustus 2020   15:50 3 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ajak Masyarakat Kampung Jurangblimbing RT 04 RW 04 Lakukan Proteksi Luar Dalam dari Bahaya Covid-19
Sumber: dok. pribadi.

Tembalang, Semarang (19/07/20). Outbreak COVID 19 sudah ditetapkan sebagai darurat kesehatan masyarakat secara global oleh WHO pada 30 Januari 2020. Banyak himbauan yang ditujukan kepada masyarakat untuk memutus rantai penyebaran COVID 19. Mulai dari olahraga secara teratur, istirahat (tidur) yang cukup, mengurangi stres, berjemur di bawah sinar matahari, cuci tangan menggunakan sabun, jaga jarak bahkan anjuran untuk konsumsi herbal yang dapat membantu menjaga kondisi tubuh. Maka dari itu, masyarakat pun berlomba-lomba melakukan kegiatan yang dapat membantu proteksi diri dari dalam maupun luar untuk menghindari COVID 19 ini.

Kondisi inilah yang membuat Tantri, sebagai mahasiswa KKN UNDIP untuk sedikit membantu keresahan yang dialami warga RT 04 RW 04 Kampung Jurangblimbing, dengan mengadakan program bilik cuci tangan serta peningkatan imun melalui minuman herbal. Pengadaan bilik cuci tangan merupakan salah satu wujud proteksi diri dari luar sedangkan untuk pengadaan minuman herbal merupakan salah satu contoh proteksi diri dari dalam tubuh.

Program bilik cuci tangan disertai dengan edukasi cuci tangan enam langkah yang dianjurkan oleh WHO. Kegiatan edukasi berlangsung secara door to door dengan menggunakan peraga video beserta poster yang dibagikan kepada masyarakat. Sedangkan untuk program pengadaan minuman herbal dilakukan dengan cara mengedukasi masyarakat tentang bahan-bahan herbal apa saja yang baik bagi tubuh untuk meningkatkan imunitas di era pandemi ini. Selain edukasi, juga dilakukan peragaan mengenai bagaimana cara mengolah bahan-bahan herbal tersebut.

Diharapkan dengan adanya edukasi ini dapat menurunkan keresahan masyarakat di era pandemi, serta mampu menjadi pengingat untuk meningkatkan kualitas kesehatan baik dari dalam maupun luar tubuh.

Edukasi bahan herbal dan manfaatnya. Sumber: dok. pribadi.
Edukasi bahan herbal dan manfaatnya. Sumber: dok. pribadi.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x