Mohon tunggu...
Tanjung Sari Puji Rahayu
Tanjung Sari Puji Rahayu Mohon Tunggu... Penulis - Penulis/Blogger

Penulis amatir yang suka menjadi pengamat bidang kebijakan publik, hukum, sosial dan politik. Penulis yang suka tantangan untuk menulis segala jenis tulisan, fiksi dan non fiksi.

Selanjutnya

Tutup

Musik

Mengenal Sosok di Balik Viralnya Mendung Tanpo Udan

11 September 2021   19:27 Diperbarui: 11 September 2021   19:39 388 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Musik. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Anda pasti pernah mendengar lagu dengan lirik yang sederhana dan tengah viral saat ini, berjudul "Mendung Tanpo Udan", yang tengah populer saat ini.

Awalnya penyanyi versi dangdut koplo lagu ini, Ndarboy Genk meminta Sobat Ambyar, sekelompok penari asal Yogyakarta, membuat koreografi khusus diiringi lagu ini untuk membantu promosi lagu tersebut. Ia sendiri tak pernah menyangka bahwa begitu goyangan itu diunggah di aplikasi Tik Tok, popularitas "Mendung Tanpo Udan" langsung melesat bak meteor.

Namun tahukah Anda bahwa lagu ini sebenarnya adalah sebuah lagu pop? Lagu ini diciptakan dan dinyanyikan oleh seorang aktor asal Yogyakarta bernama Muhammad Kukuh Prasetya atau sering dikenal dengan nama Kukuh Kudamai Prasetya. Saat memasuki masa pandemi awal 2020, Kukuh harus kehilangan pekerjaan di salah satu sinetron yang tengah tayang di TV.

Proses pembuatan lagu ini sendiri memakan waktu kurang lebih tujuh bulan, karena keterbatasan dana pada saat pengerjaannya. Dibantu oleh beberapa pemusik asal Yogyakarta, ternyata lagu ini hanya salah satu dari sebuah serial yang kisahnya saling sambung menyambung. Menurut Kukuh setidaknya ada enam buah lagu lainnya yang memiliki tema yang berhubungan dengan hujan dan mendung.

Sebenarnya lagu ini dinyanyikan oleh Kukuh dalam versi Pop Jawa dan diunggah di YouTube pertama kali di bulan Februari 2021. Liriknya yang sederhana dan begitu dekat dengan kehidupan remaja sehari-hari, memikat beberapa penyanyi yang ingin menyanyikannya dalam versi dangdut atau dangdut koplo. Dari sekian banyak yang mengajukan ijin kepadanya, Kukuh memilih Ndarboy Genk, yang memiliki nama asli Helarius Daru Indramayu, untuk menyanyikan ulang lagu ini dalam versi yang berbeda.

Walaupun demikian Kukuh memutuskan untuk tidak menjual hak cipta lagu-lagunya kepada siapapun. Uniknya sampai saat ini, Kukuh malah belum sama sekali menikmati hasil dari viralnya lagu ciptaannya. Ia menitipkan seluruh pendapatannya untuk dikelola oleh sang kakak sebagai manajernya. Alasannya bahwa ia tak mau merasa terlalu nyaman, sehingga dirinya jadi malas untuk membuat karya selanjutnya.

Agustus lalu, Kukuh merilis lagu seri keduanya dan rencananya Ndarboy Genk akan kembali menyanyikan versi koplonya. Patut ditunggu apakah lagu berikutnya akan mencapai kesuksesan yang sama.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Musik Selengkapnya
Lihat Musik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan