Mohon tunggu...
Tania Adila
Tania Adila Mohon Tunggu... Mahasiswa - 1999

Mahasiswa tingkat akhir di Fakultas Peternakan, IPB University

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Buah Lokal Khas Indonesia yang Dianggurin

16 Oktober 2021   15:24 Diperbarui: 16 Oktober 2021   18:03 127 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Selai organik asal buah lokal (Mengkudu) hasil inovasi Tania dan tim (2016)

Buah lokal khas Indonesia yang dianggurin, loh memangnya ada? Ternyata ini . . .

Meski bukan negara maju, Indonesia berhak bersaing dengan negara-negara di seluruh dunia. Dalam hal ini untuk menghadapi era globalisasi. Namun, tanpa SDM (sumber daya manusia) yang memadai, kita tentu kalah sebelum bersaing. Peranan setiap unsur dalam negeri menjadi perkara spesial yang perlu diperhatikan.


Inovasi menjadi barometer kecerdasan dan kreativitas anak bangsa. Indonesia yang kaya akan flora dan fauna harus lebih dari sekedar melek dalam pengoptimalan keduanya. Seperti pohon mengkudu yang menjatuhkan buahnya di setiap musim. Tidak sedikit yang hanya menjadi saksi fenomena friksi buah dengan tanah. Padahal jika dikulik, berbagai khasiat terkandung di dalam buah. 

Tampilan fisik buah Mengkudu (Morinda citrifolia)
Tampilan fisik buah Mengkudu (Morinda citrifolia)

(Berikut cuplikan pengolahan selai buah mengkudu: tonton di Youtube)

Inovasi buah mengkudu jadi selai organik berhasil membawa saya dan tim sebagai finalis dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pangan dan Gizi IPB tahun 2016. Sebelumnya, kami melakukan survey di sekitar Bogor Utara (dekat sekolah dan domisili). Hasilnya menunjukkan bahwa 38 dari 62 responden menyatakan selai tersebut 'pas' di lidah (cocok dikonsumsi) dan 24 lainnya menyatakan sangat cocok. Ini yang kemudian menjadi optimisme kami bahwa selai Morinda berpotensi diterima di pasaran. 

Tentunya, konsumsi selai organik ini akan sangat ramah di semua usia. Begitu pula produk pangan buah lokal lainnya. Asal diolah dengan tepat, tidak ada lagi mubadzir buah di sekitar pohon. Mari kita manfaatkan lebih banyak lagi buah lokal khas Indonesia yang dianggurin!

Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan