Mohon tunggu...
Tamita Wibisono
Tamita Wibisono Mohon Tunggu... Freelancer - Creativepreuner

Here I am with all of my Destiny...perjalanan hidup itu ibarat bianglala kehidupan,tidak selamanya berada di satu titik. pergerakan antara kehidupan di bawah dengan diatas itu sungguh dinamis adanya...dan tiap ruang yang tercipta menjadi inspirasi untuk dijabarkan dalam untaian kata menjadi sebuah karya

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

I'tikaf di Istiqlal, Wisata Spiritual Lintas Iman Kala Ramadan

16 Mei 2019   23:57 Diperbarui: 17 Mei 2019   13:34 97 4 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
I'tikaf di Istiqlal, Wisata Spiritual Lintas Iman Kala Ramadan
dokpri/berada di lantai tertinggi istiqlal menjelang pagi

Pagi menjelang. Selepas sahur semua bersiap menyongsong imsak, tanda kami yang berpuasa harus mengakhiri segala bentuk konsumsi makan dan minum. Sebagian menyiapkan diri untuk shalat subuh. Selepas shalat subuh itulah, setelah kuliah subuh yang berisi ceramah keagamaan diberikan, kami yang berdiam di Istiqlal mulai mengawali pagi dengan ragam aktifitas pilihan. Ada yang memilih tetap beribadah berupa membaca alqura,, bersdikir hingga menunggu waktu shalat duha. 

Sedikit berbeda dengan saya, pilihan untuk menaiki anak tangga yang menghubungkan lantai utama masjid Istiqlal di lantai dua menuju lantai 3 dan seterusnya menjadi sebuah aktifitas yang cukup menantang. Bukan tanpa sebab saya ingin melihat tiap detail bagian Istiqlal  yang menjadi simbol masjid negara ini. 

Saya yang hampir tiap tahun menyempatkan diri untuk ber-Itikaf, kerap melihat wisatawan mancanegara berkeliling hingga ke lantai atas. Tak lain tak bukan tujuan turis tersebut adalah untuk  berwisata menikmati keindahan dan kesejarahan masjid yang diarsitekturi oleh Frederick Silaban yang notabene seorang kristiani.

Bagi saya menjalani Itikaf di Istiqlal setiap ramadan datang adalah sebentuk wisata spiritual yang tidak saja bersifat religius, melainkan juga wisata sosial, budaya dan kebhinekaan lintas iman. Ya, Itikaf adalah sebuah kagiatan dimana kita berdiam diri di masjid untuk melakukan totalitas ibadah. 

Selama Itikaf kita memaksimalkan ibadah baik yang bersifat hablum minallah maupun hablum minannas. Karena Itikaf tidak dilakukan sendiri. Ada beberapa orang yang memang kerap menjadikan Itikaf untuk mempererat tali silaturahmi.

Mereka yang datang ke Istiqlal untuk tujuan Itikaf tidak saja berasal dari sekitar Jabodetabek saja. Hampir dari semua daerah di Indonesia seperti Jawa Timur (Ngawi, Lamongan, Tuban, Madura),Yogyakarta, Jawa Barat (Cirebon, Indramayu, Bogor), Banten,  Sumatra (Padang, Medan, Lampung), Bahkan Sulawesi (Makassar, Gorontalo) pernah saya temui. 

Mereka yang beritikaf berasal dari berbagai kalangan. Untuk peserta Itikaf perempuan sendiri kebanyakan sudah berusia lanjut. Namun ada pula beberapa diantaranya yang masih muda. Ada kalanya peserta Itikaf datang bersama anggota keluargany ayang lain. Entah itu suami, anak, cucu atau keponakan.

Karena Itikaf itulah, saya sedikit banyak mengerti detail masjid Istiqlal yang multi fungsi. Bukan sebagai masjid semata yang merupakan tempat ibadah. Namun ada pula lembaga pendidikan keagamaan, Pusat dakwah dan informasi Islam, dll. beberapa momentum berharga itu pun saya dapatkan selama Itikaf di Istiqlal. 

suasana buka puasa di IStiqlal. dok pri
suasana buka puasa di IStiqlal. dok pri
Menikmati Munculnya matahari pagi atau yang ngetren disebut Sun Rise dengan latar belakang pemandangan gereja Katedral seperti dalam foto  diatas.  Desain arsitek bangunan Istiqlal memang istiwema. Pilar-pilarnya seolah membawa kita ke suasana berbeda. Letak istiqlal yang demikian strategis dan mudah dijangkau dengan sarana transportasi umum, menjadikan IStiqlal banyak dikunjungi. 

Halte trans Jakarta tepat melintas di depan salah satu pintu masuk Istiqlal terintegrasi dengan Stasiun Commuterline Juanda. Bahakn Pemda DKI menyediakan bus wisata Gratis yang dapat dinaiki wisatawan dari depan IStiqlal dengna trayek tujuan ke KOta tua.  Selama beritikaf di Istiqlal saya pun merasa mudah menjangkau tempat-tempat lain di Jakarta untuk aktifitas seperti biasanya.

dok.pri
dok.pri
Sebuah kejuatan lain selama saya Itikaf di Istiqlal adalah sempat berbincang dengan turis perempuan dari Amerika Serikat. Mereka begitu antusias melihat kami beribadah di IStiqlal lebih dekat. Tak ingin melewatkan begitu saja, saya pun meminta mereka berforo bersama. Ini menjadi bukti bahwa IStiqlal merupakan tempat wisata spiritual lintas Iman. Siapa belum pernah ke Istiqlal? Setidaknya setahun sekali selama Ramadan, saya sellu kesana.

Mohon tunggu...

Lihat Tebar Hikmah Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan