Mohon tunggu...
Tami Nur Herawati
Tami Nur Herawati Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Statistika Universitas Padjadjaran

Mahasiswa Statistika Universitas Padjadjaran

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Habib Husein Ja'far, Ustad Milenial Idola Generasi Muda

8 April 2022   23:17 Diperbarui: 8 April 2022   23:46 1771 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Habib Ja'far (instagram.com/husein_hadar)Pemanfaatan media sosial sebagai bentuk sarana kemudahan aktivitas telah banyak digunakan oleh berbagai macam orang dengan latar belakang yang berbeda-beda, tak terkecuali kemudahan akses media sosial juga ditawarkan oleh Youtube yang juga digunakan pula oleh para pemuka agama untuk menyiarkan dakwah dan ajaran agama islam.

Ada satu nama yang terbesit jika kita membahas ustad milenial, Yap ! Habib Husein Ja'far, pendakwah sekaligus penulis kelahiran tahun 1988 ini merupakan seorang lulusan Magister Tafsir Qur'an di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Ia dengan akun dakwah YouTube nya yakni Jeda Nulis mulai menyebarkan dakwah yang sedikit berbeda,  tidak hanya dari segi penyampaian yang tidak bersifat menggurui tetapi juga dari penampilannya yang terkesan santai, cukup mengenakan kaos, jeans, dan peci putih. Modis kekinian namun hal itu pula yang menyebabkan ia mudah diterima di kalangan masyarakat khususnya kaum milenial

Ceramah yang tidak bersifat menggurui dan begitu menjungjung toleransi

cuplikan konten Berbeda Bersama (https://www.youtube.com/c/NOICEYouTube/videos)
cuplikan konten Berbeda Bersama (https://www.youtube.com/c/NOICEYouTube/videos)

Cara penyampaian materi atau dakwah yang ringan, santai dan tidak terkesan menggurui adalah salah satu alasan kenapa Habib Ja'far mudah menarik perhatian para pengguna Youtube. Bahkan, kata-kata yang diucapkan banyak menyerap kosa kata anak muda hingga kerap viral di sosial media lainnya seperti Tiktok dan juga instagram. Tidak hanya itu, Habib Ja'far juga kerap terkenal dengan kontennya dalam akun YouTube Noise yang banyak membahas bidang kehidupan dalam sudut pandang agama yang berbeda-beda. Ia tidak memperdebatkan, malah justru begitu menghargai apa yang disampaikan lawan bicaranya. Melalui kontennya ini, banyak viewers yang belajar memahami perspektif dari berbagai ajaran atau agama di Indonesia.

Banyak berkolaborasi dengan artis dan komedian tanah air

Konten Habib Ja'far dan Tretan Muslim (youtube.com/c/MajelisLucuIndonesia)
Konten Habib Ja'far dan Tretan Muslim (youtube.com/c/MajelisLucuIndonesia)

Melalui konten YouTube Pemuda Tersesat, Habib Ja'far berkolaborasi dengan komedian Coki Pardede dan juga Tretan Muslim. Konten dakwah yang dikemas secara humor itu berhasil mendapat begitu banyak perhatian sehingga nama Habib Ja'far semakin dikenal masyarakat luas. Bahkan, Habib menanggapi beberapa pertanyan nyeleneh dan out of the box, tapi tetap menjawabnya dengan konteks agama yang begitu mudah dipahami. Kini ia juga banyak berinteraksi dengan komedian lainnya seperti bersama Rigen dan Indra Jegel di akun Youtube Tema Indonesia. Ia juga pernah beberapa kali di undang dalam konten YouTube artis-artis ternama seperti Dedy Combuzier hingga Andre Taulany.

Penyampainnya yang unik dan tidak monoton membuat cara dakwah dalam setiap konten Habib Ja'far mudah untuk dipahami dan diterima oleh masyarakat luas, apalagi dengan sesekali diiringi oleh bahasa gaul ala milenial dan sentuhan komedi humor membuat Ustad Habib Ja'far menjadi idola bagi kalangan generasi muda.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Tebar Hikmah Ramadan Selengkapnya
Lihat Tebar Hikmah Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan