Mohon tunggu...
Tamara Puspita
Tamara Puspita Mohon Tunggu... Konsultan - Intellectual Property Associate

Blogger Terbaik Eco Blogger Squad 2023

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Pengalaman Hasilkan 1 Juta Per Bulan Menulis di IDN Times

2 September 2023   20:01 Diperbarui: 24 Januari 2024   11:39 4069
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.literacyliterally.com/

Menghasilkan 1 juta rupiah dalam 1 bulan mungkin terkesan kecil untuk dijadikan sumber penghasilan utama. Namun, dalam konteks sumber penghasilan sampingan, menghasilkan 1 juta rupiah dalam 1 bulan sangat lumayan dan cukup membantu proses menabung bulanan, bukan?

Saya pernah berjualan sebagai reseller, di mana untung bersih saya tidak bisa mencapai 1 juta per bulan lho. Padahal item yang terjual sudah lebih dari 50 pcs. Item yang saya jual waktu itu adalah sambal kemasan isi lauk ala eat sambel.

Karena saya hobi membaca, maka saya ingin mencoba terjun ke dunia penulisan. Berbekal kosakata yang cukup kaya dan kemampuan memahami struktur kalimat membuat saya percaya diri untuk mencoba submit artikel ke media online seperti IDN Times, kompas, dan tempo. 

Nah, dalam artikel kali ini, saya mau share pengalaman saya pribadi berjibaku dalam sulitnya menembus meja direksi para editor IDN Times. Bagi yang mau menghasilkan uang dari menulis artikel online, baca sampai habis yah!

Bagaimana Cara Mengirimkan Tulisan ke IDN Times?

Sebelum mulai menulis di platform IDN Times, kamu perlu membuat akun terlebih dahulu. Caranya, klik "Gabung di IDN Times" pada pojok kanan atas halaman home website. Kemudian akan muncul tampilan seperti ini:

https://www.literacyliterally.com/
https://www.literacyliterally.com/

Saya rekomendasikan pilih sign up with google supaya terintegrasi langsung dengan gmail kamu, dan gak ribet bikin password baru.

Setelah sign up berhasil, begini tampilan dashboardmu. Ini adalah community dashboard, yang isinya peringkat kamu sebagai penulis di IDN Times, jumlah views, artikel kamu yang berhasil dipublish, draft artikel, artikel yang masih dipending, artikel yang harus direvisi, artikel yang ditolak, panduan menulis IDN Times, FAQ, histori penarikan poin, dan lain-lain.

https://www.literacyliterally.com/
https://www.literacyliterally.com/

Dari gambar di atas, terlihat bahwa saya adalah penulis peringkat ke 780 dari 72ribu penulis, dengan jumlah view artikel sebanyak 175ribuan. Kamu bisa cek profil IDN Times saya di sini: Profil IDN Times Tamara Puspita

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun