Mohon tunggu...
Ayo Dolanan
Ayo Dolanan Mohon Tunggu... Editor - "Lestarikan Kearifan Lokal Ayo Dolanan"

Ayo Dolanan merupakan alternatif solusi untuk mengatasi masalah kearifan lokal khususnya permainan tradisional dan keterampilan bahasa jawa yang mulai tergeser.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Tidak Hanya Belajar Mengajar, Mahasiswa Asistensi Mengajar UM Juga Mendampingi Pengembangan Potensi Siswa SDN Gedog III di Bidang Menyanyi

28 November 2021   18:38 Diperbarui: 28 November 2021   18:43 62 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dokumentasi proses pendampingan menyanyi (dokpri)

Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) turut berkontribusi aktif dalam program Asistensi Mengajar gelombang 1 Tahun 2021. Terdapat enam (6) mahasiswa yaitu Alfi Nuris Safarina Illiyyin, Arditya Puspa Laras, Feby Dwi Rahmasari, Muhamad Candra Ari Nata, Nilna Umi Latifah, dan Ni'matu Waridah yang dikirim untuk mengimplementasikan kegiatan asistensi mengajar di SDN Gedog 3 Kota Blitar. 6 Mahasiswa didampingi oleh Ibu Yuniawatika, S.Pd., M.Pd.  selaku Dosen Pendamping Lapangan (DPL) yang selalu memberikan arahan dan motivasi selama kegiatan asistensi mengajar.

Dalam menjalankan tugasnya, mahasiswa tidak hanya melakukan program belajar mengajar, tetapi juga mengadakan kegiatan yang mengarah pada adaptasi teknologi, membantu mengelola administrasi sekolah, dan pengembangan softskill di bidang non akademik. Kegiatan tersebut tentu tidak hanya bermanfaat untuk mahasiswa dan perguruan tinggi UM saja, tetapi juga bermanfaat bagi sekolah mitra.

Salah satu kegiatan yang dilakukan mahasiswa adalah mendampingi pengembangan potensi siswa di bidang menyanyi. Siswa tersebut duduk di bangku kelas III dan belum memiliki pengalaman dalam bernyanyi, namun siswa tersebut memiliki potensi dalam menyanyi. Awalnya siswa tersebut belum mengerti nada, kemampuan siswa tersebut dalam menyanyi terus mengalami perkembangan setelah dilakukan pendampingan setiap hari sepulang sekolah. Pendampingan dilakukan secara rutin mulai pertengan Oktober hingga pertengahan November dengan durasi 30 menit - 1 jam setiap harinya.

 Kegiatan pendampingan dilakukan mulai dari pengenalan nada hingga berlatih menyanyi dengan iringan instrumen dari YouTube.  Mahasiswa UM mendampinginya dengan sabar dan telaten, mahasiswa mendampingi seperti teman sendiri sehingga siswa tidak merasa sungkan atau takut selama belajar dan latihan bersama mahasiswa.

Ibu Sutipah, S.Pd., M.Pd. selaku kepala SDN Gedog 3 merekomendasika siswa tersebut untuk mengikuti lomba menyanyi untuk siswa kelas rendah se Blitar Raya. Beliau mengatakan "saya berterima kasih kepada mahasiswa asistensi mengajar yang sudah berkenan membantu mendampingi siswa untuk persiapan lomba, mohon dukungannya semoga siswa tersebut dapat membawa nama baik SD ini".

Dokumentasi proses pengambilan video lomba menyanyi (dokpri)
Dokumentasi proses pengambilan video lomba menyanyi (dokpri)
Feby selaku perwakilan mahasiswa menanggapi kepala sekolah dengan senang hati. Hal ini menjadi kesempatan mahasiswa untuk mengembangkan dan mengaplikasikan ilmu pembelajaran seni musik yang telah dipelajari di semester sebelumnya. Harapannya dengan adanya pendampingan menyanyi bagi siswa, lebih banyak lagi siswa berprestasi dari SDN Gedog III yang mampu dan berani bersaing dengan sekolah lain.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan