Mohon tunggu...
TalkDGTL
TalkDGTL Mohon Tunggu... Penyedia Edukasi Digital Marketing

TalkDGTL adalah penyedia edukasi digital marketing yang menyelenggarakan program-program pelatihan di berbagai aspek dan tingkatan. Difasilitasi oleh tim profesional dengan pengalaman langsung di bidang digital marketing, TalkDGTL didirikan dengan tujuan utama untuk meningkatkan kapabilitas strategi digital pemilik bisnis, profesional, dan individu Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Digital

Implementasi Google Analytics Ampuh Meningkatkan Penjualan Panasonic

10 September 2019   13:47 Diperbarui: 10 September 2019   14:11 0 0 0 Mohon Tunggu...

(Sumber: Case Study of Google Analytics 360)

Apa yang terjadi bila perusahaan internasional populer mengganti strategi iklan digital berorientasi produk menjadi berorientasi pelanggan?

Inovasi tersebut pernah dilakukan oleh Panasonic. Perusahaan asal Jepang tersebut berhasil mencapai omzet tahunan sebesar 69 miliar Dollar Amerika pada tahun 2015. Pencapaian gemilang tersebut berhasil diraih sejak Panasonic berhasil melakukan inovasi secara digital.

1. Their Story
Sejak dulu, Panasonic terbiasa menjual produk-produknya secara offline dengan sistem konvensional. Namun, hal tersebut tentu menjadi kendala besar di tengah perkembangan dunia digital. Di era digital ini, penjualan secara konvensional perlu didukung oleh iklan digital yang efektif.

Sebelum melakukan inovasi digital, divisi pemasaran dan pelanggan Panasonic Jepang telah menemukan dua fakta tentang para pelanggan secara garis besar. Para pelanggan produk Panasonic terbiasa membeli produk ketika mengalami perubahan hidup yang besar, misalnya saat pindah rumah atau baru memiliki anak. Selain itu, para pelanggan juga terbiasa membeli produk secara bersamaan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa proses promosi online harus dilakukan semenarik mungkin agar bisa meningkatkan omzet penjualan.

2. Their Goal
Divisi pemasaran dan pelanggan Panasonic tertantang untuk menggunakan website secara efektif. Iklan-iklan yang ditampilkan pada website bertujuan membangun engagement dengan para pelanggan. Sayangnya, saat itu Panasonic belum memiliki perangkat yang tepat untuk menilai performa iklan online yang ditampilkan. Tim Panasonic Jepang akhirnya mengandalkan NRI Netcom, reseller resmi Google Analytics 360.

3. Their Solution
NRI Netcom mampu mengukur efektivitas keseluruhan pemasaran digital dalam satu platform. Sistem tersebut juga saling terintegrasi dengan Google AdWords, DoubleClick Campaign Manager, DoubleClick Bid Manager, dan DoubleClick Search. Hasilnya, data dan akses yang dibutuhkan bisa diperoleh secara mudah dari semua channel.

Laporan pada Google Analytics 360 mampu menggambarkan perilaku pengunjung website secara rinci. Misalnya rata-rata jumlah pengunjung yang masuk ke website tanpa mengakses apa pun dan langsung keluar website (bounce rate) serta rata-rata waktu yang dihabiskan pengunjung pada setiap halaman website. Informasi detail tersebut membantu Panasonic untuk memahami kata kunci dan iklan bergambar yang benar-benar dapat menggugah rasa ingin tahu pelanggan.

4. Their Success
Analisis yang dilakukan Google Analytics 360 memberikan hasil signifikan bagi sistem iklan digital Panasonic. Tingkat keberhasilan investasi iklan atau Return of Advertising Spend (ROAS) Panasonic meningkat hingga 30%. Iklan yang diklik dan disaksikan pengunjung website juga bertambah sebanyak 300% dari tahun ke tahun. Hal ini juga didukung oleh penurunan bounce rate sampai ke angka 50%. Panasonic berhasil menampilkan iklan online yang sesuai dengan kebutuhan pelanggannya, sehingga hal tersebut juga berpengaruh pada peningkatan omzet penjualan produk.

Kini, Panasonic bisa meninjau semua data yang diperlukan hanya dengan satu interface saja. Bisnismu juga bisa mencapai hal yang sama. Sistem analisis Google Analytics 360 yang terintegrasi akan mendukung pencapaian tujuan bisnismu secara akurat.

 

KONTEN MENARIK LAINNYA
x