Mohon tunggu...
TalkDGTL
TalkDGTL Mohon Tunggu... Konsultan - Penyedia Edukasi Digital Marketing

TalkDGTL adalah penyedia edukasi digital marketing yang menyelenggarakan program-program pelatihan di berbagai aspek dan tingkatan. Difasilitasi oleh tim profesional dengan pengalaman langsung di bidang digital marketing, TalkDGTL didirikan dengan tujuan utama untuk meningkatkan kapabilitas strategi digital pemilik bisnis, profesional, dan individu Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Peran Penting Google Analytics 360 dalam Inovasi Pemasaran Digital Lenovo

4 September 2019   17:43 Diperbarui: 4 September 2019   17:47 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
pexels.com/@vladbagacian

Sumber: Case Study of Google Analytics 360

Ketika mendengar kata Lenovo, Kamu pasti langsung membayangkan salah satu perusahaan teknologi raksasa di dunia. Lenovo memang merupakan perusahaan produsen Personal Computer (PC) nomor 1 dengan pelanggan yang sudah tersebar di lebih dari 160 negara.

Ternyata, perusahaan sebesar Lenovo juga pernah mengalami masalah dalam mengidentifikasi efektivitias pemasaran digital. Kisah sukses Lenovo melakukan inovasi penasaran digital tentu akan menginspirasi Kamu saat menjalankan bisnis.

1. Their Story
Sebagai perusahaan yang termasuk Fortune 500 Companies, Lenovo menyadari pentingnya pengukuran efektivitas penjualan. Data-data yang diperoleh Lenovo sangat berpengaruh terhadap identifikasi peluang baru di bidang pasar elektronik. Lewis Broadnax, direktur eksekutif web sales and marketing Lenovo menjelaskan bahwa aturan pengukuran berbasis model memungkinkan setiap pengelola channel mengklaim kredit penjualan yang sama.

Analisis dari masing-masing channel menunjukkan peningkatan penjualan sebesar 371% dibandingkan penjualan aktual. Hal tersebut malah menyulitkan Lenovo untuk mengetahui channel yang benar-benar efektif mendukung peningkatan omzet.

2. Their Goal
Lenovo juga memiliki kendala blind spot yang membuatnya tidak mengetahui identitas pelanggan dan jenis produk yang dipilih. Meskipun terkesan sederhana, tetapi hal tersebut justru menjadi kendala besar bagi perusahaan sekelas Lenovo. Sebab Lenovo memiliki berbagai jenis produk selain PC, yaitu tablet PC dan smartphone. Agar pelanggan berpeluang membeli produknya kembali di lain kesempatan, Lenovo harus mampu menjangkau pangsa pasar secara tepat sasaran. 

3. Their Solution
Implementasi Google Analytics 360 mampu membantu Lenovo menyelesaikan masalah pengukuran lintas channel. Google Attribution 360 yang merupakan bagian dari Google Analytics 360 memberikan solusi bagi Lenovo untuk:

  • Mengidentifikasi program pemasaran secara keseluruhan.
  • Mengoptimalkan pembelanjaan antar-channel, bukan hanya pada channel 
  • Mengalokasikan anggaran pemasaran secara efektif untuk meningkatkan omset penjualan.

4. Their Success
Dalam kurun waktu enam bulan, Google Attribution 360 dapat menunjukkan gambaran performa pemasaran Lenovo yang baru. Data-data yang diperoleh dari analisis website dan server iklan mampu menganalisis penjualan di setiap channel secara akurat. Dari data tersebut, Lenovo dapat memutuskan empat hal berikut ini:

  • Memperkuat Brand Awareness
    Sistem navigasi langsung dan organic search sangat berpengaruh bagi brand besar sekelas Lenovo. Karena kedua sistem tersebut dapat memicu peningkatan omset penjualan. Informasi mengenai brand awareness bagi masyarakat sangat penting untuk menjaga citra sebagai perusahaan teknologi terdepan.
  • Memadukan Sistem Pemasaran yang Tepat
    Agar dapat mencapai omzet penjualan yang besar, Lenovo berkomitmen memadukan sistem pemasaran yang tepat. Hal ini dilakukan berdasarkan data penjualan yang menyatakan bahwa 75% pendapatan Lenovo diperoleh dari pembelian lintas channel. Informasi tersebut menunjukkan bahwa pelanggan Lenovo memang terhubung dengan banyak channel pembelian.
  • Menampilkan Fitur Perbandingan Produk untuk Pelanggan
    Fitur perbandingan produk atau Comparison Shopping Engines (CSEs) memang tidak berpengaruh besar bagi omzet penjualan. Namun, fitur tersebut ternyata ampuh meningkatkan investasi pengembalian iklan atau Return On Advertising Spent (ROAS) sebesar 20% pada channel terbaik Lenovo. Selanjutnya, Lenovo pun bertekad memaksimalkan fungsi CSEs supaya dapat memberikan kontribusi yang lebih besar.
  • Menyampaikan Kesan Mewah
    Tak banyak yang mengetahui bahwa kesan mewah suatu produk berpengaruh terhadap omzet penjualan. Google Attribution 360 menunjukkan bahwa 5% pendapatan online berkaitan dengan kesan produk yang mewah. Persepsi tentang produk branded yang mewah akan mempengaruhi citra Lenovo secara keseluruhan.

Kesadaran lenovo terhadap pentingnya analisis pemasaran digital membuatnya mampu menentukan strategi yang lebih efektif dan futuristik. Lenovo sudah membuktikan bahwa perusahaan besar pun wajib melakukan inovasi berkelanjutan demi mempertahankan eksistensi.

Lantas, bagaimana dengan bisnismu? Siapkah Kamu memperbaiki sistem pemasaran bisnis untuk mencapai hasil maksimal?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun