Mohon tunggu...
TalkDGTL
TalkDGTL Mohon Tunggu... Penyedia Edukasi Digital Marketing

TalkDGTL adalah penyedia edukasi digital marketing yang menyelenggarakan program-program pelatihan di berbagai aspek dan tingkatan. Difasilitasi oleh tim profesional dengan pengalaman langsung di bidang digital marketing, TalkDGTL didirikan dengan tujuan utama untuk meningkatkan kapabilitas strategi digital pemilik bisnis, profesional, dan individu Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Digital

Pendekatan Digital Tiket.com untuk Tingkatkan Penjualan

23 Agustus 2019   14:25 Diperbarui: 23 Agustus 2019   14:29 0 0 0 Mohon Tunggu...
Pendekatan Digital Tiket.com untuk Tingkatkan Penjualan
Sumber: talkdgtl.com

Persaingan  perusahaan OTA (Online Travel Agent) memang tidak bisa dikatakan mudah. Lihat saja beberapa nama raksasa yang bersaing menarik perhatian customer untuk menyediakan dan menyelenggarakan sistem dan fasilitas pemesanan dan pembelian tiket secara online. Salah satu yang mungkin sering Anda dengar adalah Tiket.com yang merupakan salah satu perusahaan OTA terbesar di Indonesia. Yuk, kita simak bagaimana Tiket.com melakukan teknik pemasaran dan pendekatan di era digital

1. Their Story
Tiket.com menawarkan ragam variasi reservasi dan tiket yang beragam. Mulai dari pembelian tiket maskapai penerbangan, kereta api, sewa mobil, hotel, event, atraksi dan banyak lagi. Agar terlihat menonjol di pasar perjalanan online yang kompetitif, Tiket.com perlu menemukan cara baru untuk mengoptimalkan konversi dan menghasilkan lebih banyak penjualan melalui pendekatan di dunia digital. 

2. Their Goal
Tiket.com memiliki beberapa tujuan dalam kampanye digital mereka, salah satunya yaitu menentukan metode terbaik untuk meningkatkan konversi dan pendapatan melalui Facebook Ads. Di sisi lainnya, mereka juga ingin mengetahui efektivitas pengoptimalan konversi dibandingkan pengoptimalan klik pada sebuah iklan.

Gaery Undarsa, Co-founder & Chief Communication Officer dari Tiket.com menyebutkan bahwa sebelumnya mereka memiliki masalah dalam menganalisis kampanye iklan dan meningkatkan konversi. Namun dengan lebih memfokuskan kampanye iklan dengan objektif meningkatkan konversi, mereka semakin mudah mencapai hasil yang lebih baik.

3. Their Solution
Tiket.com selalu mencari cara baru untuk meningkatkan efisiensi kampanye iklan dan penjualan online di pasar yang kompetitif. Dalam upaya untuk meningkatkan konversi dari kampanye mereka yang selalu aktif, Tiket.com mengoptimalkan iklannya untuk 2 tujuan berbeda, yaitu untuk klik ke website mereka dan checkout untuk menguji keefektifan dari keduanya.

Untuk iklan yang dioptimalkan untuk klik, Facebook menargetkan ke orang-orang yang lebih cenderung mengklik sebagai tindakan mereka. Sedangkan yang dioptimalkan untuk langsung ke pembayaran, Facebook menargetkan ke orang-orang yang kemungkinan besar akan memulai pembayaran yang memiliki indikator kuat melakukan penjualan aktual.

Untuk kedua tujuan tersebut, Tiket.com menggunakan iklan carousel yang menampilkan promosi penerbangan yang ditawarkan melalui visual yang indah dari masing-masing tujuan perjalanan. Dengan call to action untuk melakukan booking sekarang juga. Tiket.com kemudian menargetkan kedua kampanye ke segmen audiens utama mereka yaitu orang yang berusia 23 -- 45 tahun dengan minat dalam perjalanan, liburan, dan hotel.

Perusahaan perjalanan online ini kemudian mengimplementasikan Facebook Pixel di situs webnya untuk melacak peristiwa konversi secara akurat.

 

4. Their Success
Hasilnya? Walaupun biaya per klik tentunya lebih rendah untuk iklan yang dioptimalkan hanya pada klik ke website namun, Tiket.com mencapai lebih banyak pemesanan, dan transaksi dengan iklan yang dioptimalkan untuk acara pembayaran. Dengan periode kampanye Facebook Ads selama 3 minggu dari Februari -- Maret 2017, Tiket.com mencapai peningkatan 2,8 kali untuk revenue, 2 kali peningkatan transaksi di website, 6 kali peningkatan pemesanan penerbangan dan 41% peningkatan traffic pada website mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x