Mohon tunggu...
Talitha Martifanny Atika
Talitha Martifanny Atika Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Akuntansi / UPN Veteran Jakarta

Saya memiliki minat di bidang memasak & menghitung. Saya juga suka mengikuti info mengenai dunia entertaiment

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Berbagai Kemeriahan Menyambut HUT TNI ke-77 di Seluruh Indonesia

3 Oktober 2022   15:28 Diperbarui: 3 Oktober 2022   15:33 118 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi defile TNI. Sumber : Kumparan.com

Tanggal 5 Oktober 2022, bertepatan dengan HUT RI Ke-77. TNI di seluruh provinsi di Indonesia menyambut HUT TNI Ke-77 dengan hal-hal yang berbeda.

Di Ibu Kota Indonesia, DKI Jakarta. Perayaan HUT TNI Ke-77 akan dimulai dengan upacara yang dilaksanakan di halaman Istana Merdeka. Upacara akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo. Sehabis upacara, acara akan dilanjutkan dengan defile pasukan TNI dan alat utama sistem persenjataan (alutsista). Defile tersebut akan dimulai dari depan Istana Merdeka sampai ke Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan juga pertunjukan manuver pesawat tempur F16.

"Perlu kami jelaskan kepada seluruh masyarakat bahwa di tanggal 5 Oktober acara HUT TNI ke-77 diadakan di Istana, dilanjutkan dengan defile sampai dengan Bundaran HI. Di sana nanti disajikan parkir dan lain-lain untuk alutsista yang sudah dipilih oleh Pak Kasum (Kepala Staf Umum TNI)," Ujar Heru Budi Hartono, Kepala Sekretariat Presiden dalam keterangannya di Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat, 30 September 2022.

Berkaitan defile yang akan diselenggarakan dari Istana Merdeka sampai ke Bundaran Hotel Indonesia (HI), kelancaran lalu lintas akan diatur oleh pihak kepolisian dari Polda Metro Jaya. Nantinya akan dilakukan beberapa rekayasa lalu lintas, sehingga masyarakat bisa beraktivitas seperti biasa. 

"Terkait dengan jamnya, nanti rekan-rekan dari Polda, kapan buka-tutupnya lalu lintas. Tentunya kami harap seluruh masyarakat pada tanggal 5 Oktober bisa memaklumi bahwa ini adalah acara HUT TNI dan kegiatan masyarakat bisa berjalan seperti biasa. Nanti arus lalu lintas diatur oleh rekan-rekan dari kepolisian, dari Polda Metro Jaya," Ucap Kasetpres

Sedangkan di Aceh, para prajurit jajaran Kodim 0108/ Agara dan masyarakat setempat menyambut HUT TNI Ke-77 dengan hal yang menarik. Mereka melakukan Karya Bhakti yaitu membersihkan Taman Makam Bahagia (TMB) di Desa Lawe Sagu Kecamatan Lawe Bulan Kabupaten Aceh Tenggara, Rabu (28/09/22).

"Kegiatan karya bakti ini, dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan jelang HUT ke-77 TNI tahun 2022. "TNI Adalah Kita", Ucap Camat Lawe Bulan Zainul Arifin, S.E

Aktivitas ini ditujukan untuk membentuk kekompakan diantara TNI dan masyarakat, selain itu hal ini juga bertujuan untuk menghasilkan lingkungan yang asri dan bersih khususnya di TMB.

Lain lagi di Samarinda. Para personel TNI/POLRI dan PNS melakukan kegiatan donor darah sebagai aktivitas menyambut HUT TNI Ke-77. 

"Donor darah yang dilaksanakan ini bertujuan untuk mendukung program kemanusiaan. Hasil dari kegiatan donor darah ini nantinya akan disumbangkan dalam rangka program kemanusiaan, terutama untuk ketersediaan darah bagi pasien yang membutuhkannya", Ucap Danrem 091/ASN Brigjend TNI Dendi Suryadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan